Thursday, June 14, 2018

Menyambangi Geopark Ciletuh dan Ujung Genteng (Seri 5)

Puncak Darma !  Apakah aku harus melompat kegirangan atau kah tersenyum kecut ?  Errggh... kecut kayaknya karena dengkul rada ngadat dan engga mau kompromi.  Sambil jalan pelan-pelan setelah melihat kemolekan curug Cimarinjung dengan dengkul kagak asik, berjalanlah aku menuju parkiran.



Awalnya sang Pria budiman mengajak tracking menuju Puncak Darma.  Pemandangannya asik,  hutan masih lumayan perawan serta jalannya masih berlumpur dan berbatu.  Begitu katanya.  Tapi eh tapi... apakah cocok dengan dengkul meleyot untuk menikmati perjalanan ini ?

Akhirnya diputuskan untuk naik ojek saja.  Pilihan tepat !  Dipinggiran perbukitan gini ada ojek.  Asiik.  Segeralah kami berkendara menaiki ojek.  Eh ojek disini keren lho.  Cuma lampu kecil engga jelas, tarikan gas dan rem.  Body dan lain-lainnya udah entah kayak apa.  Jangan bayangin kayak motor ojek online ya.  Gitu aja.

Pelan tapi mantap ojek mulai menaiki bukit.  Menelusuri jalanan berbatu dan berpasir.  Kadang menerobos aliran air.  Byaarrr... splassshh... gitu.  Persis kayak aku menelusuri hatimu #eh

Sudah pastilah para ojeker kami adalah pengemudi terlatih.  Buktinya walau jalan udah kayak pecel gitu masih bisa digenjot.  Ngebut dan maju eh naik terus !  Pastilah jantungku empot-empotan.  Dag dig der engga jelas.  Apalagi kalau melewati kelokan dan agak sedikit curam.  Beeuhh.. berasa jadi ikutan mototrail touring.

Namun dunia berubah ketika sudah sampai puncak.  Ada tanah lapang dengan pemandangan yang mengasikkan.  Lebih penting lagi, ada warung.  Warung kopi sachetan dan indomie tentunya.  Cacing perutmu tak akan kelaparan dah.


Beredarlah para teman tukang foto mencari posisi strategis untuk mengabadikan sunset.  Pasang tripod dan segala ubo rampe kamera.  Oh ya kalau motret landscape kayak ginian, sebaiknya membawa lensa wide plus filternya.  Bawa aja semua filter dan segala ukurannya.  Biar nyaman.  Jangan lupa bawa tele juga.  Karena kadang ada obyek menarik nun jauh disana.  Lah lhooo... jadinya gonta-ganti lensa dong ?  Ya iyalah... kalau engga mau gonta ganti lensa, bawa dua kamera heheheh.

Tapi aku gimana ?  Gegara dengkul, rada malas aku menyiapkan diri untuk nge-landscape.  Jadinya ya aku cuma ngopi sambil makan indomie.  Enak dan full micin.  Abis itu sesekali motret.  Motret Pria budiman dengan hammock nya.  Motret teman motret yang ngulik alat potret.

Tak lupa motret anak-anak muda yang pake model selfie tiarap di tanah.  Errr... selfie kan biar sekalian wajah nongol dan daerah terkenal kelihatan ?  Kalau ditanah doang, dibelakang rumah juga bisa.  Sutralah.

Lalu aku jalan-jalan ke bibir tebing.  Ada seorang bapak yang sibuk melakukan persiapan time lapse dengan gopro nya.  Time lapse adalah sekumpulan foto yang diambil berdasarkan waktu yang sudah diatur.  Satu menit atau dua menit atau suka-sukalah.  Entar digabung dan jadilah video keren.


Suasana saat itu cukup temaram mendung.  Jadi aku memutuskan untuk tidak serius memotret landscape.  Hanya menikmati kesibukan para pengunjung saja.

Apa yang ada dalam pikiranku, gimana turun ke parkiran pada saat suasana sudah gelap dan lampu motor kayak lampu sentir ?  Apalagi jalanan yang luar biasa kala itu.  Lagi-lagi... mboh lah.



No comments:

Post a Comment