Saturday, June 16, 2018

Lebaran di Jakarta

Lebaran adalah istilah populer ketika umat islam menyelesaikan puasa.  Kalau di Jawa, istilah bekennya adalah riyaya atau sering diucapkan sugeng riyadi ketika bertemu sesama muslim.  Bukan sugeng anaknya pak riyadi lhoo.

Tapi aku engga mikirin asal usul atau kata lebaran.  Aku cuma berbagi pengalaman tentang rumah betawi yang ada di Jakarta Timur.  Oh ya, setahu aku, ada beberapa model betawi.  Betawi dengan gaya bahasa kayak serial si Doel.  Misal, "Ape lu kate dah".  Ada juga model kayak gini "mampir dulu sih ngapah ? duduk-duduk sini bawah puun".  Nah aku tinggal di lingkungan dengan model kedua ini.

Sehabis solat Ied, biasanya pada salam-salaman keliling kampung.  Sehabis keliling tetangga, biasanya ada yang nyekar ke makam-makam leluhur.  Abis itu baru keliling ke rumah sodara-sodara yang mungkin tinggalnya berbeda kampung.

Nah setelah urusan kelar, bertandanglah kami ke para senior.  Kunjungan dilakukan ke rumah bibi sang engkong.  Tinggalnya dekat mabes dan masuk ke dalam gang kecil.  Setelah menelusuri gang kecil dan belak belok menerobos kebon dan rumah kontrakan, akhirnya sampai juga.


Ketemulah dengan rumah unik ini.  Diantara himpitan rumah tembok, masih ada rumah berdinding gedhek atau dinding yang terbuat dari anyaman bambu.  Rumah ini sudah bertahun-tahun begini.  Konon sang pemilik rumah enggan untuk merubah.  Pengen apa adanya seperti itu.

Rasa penasaran akhirnya membuat aku masuk ke dalam.  Model rumah biasa yang sering dilihat di daerah Jawa Tengah.  Bale-bale depan untuk menerima tamu, masuk ke dalam ada ruang keluarga dan kamar tidur dan ada pintu masuk ke dapur dan kamar mandi.  Simpel dan sederhana.


Paling menarik adalah kondisi dapur.  Dapurnya masih old fashion banget.  Model pawon !  Pawon adalah gundukan tanah yang berlubang pada bagian bawah.  Lubang digunakan untuk jalan api, tempat kayu bakar diletakkan.  Sedangkan peralatan alat masak diletakkan pada lubang bagian atas.  Duuh jadi inget sering bakar-bakar pete saat masih jadi mahasiswa kkn di lereng gunung Slamet.

Model pawon seperti ini juga ada di daerah Cirebon.  Bibi saya (nenek) suka masak di pawon.  Mulutnya yang peot saat meniup lubang kayu bakar biar menyala menjadi pengingat yang kuat bagiku.

Lebih menarik lagi sebenernya adalah hasil masakan pada pawon itu.  Aku melihat bungkusan daun pisang yang cemang-cemong kehitaman habis dipanggang.  Dugaanku sih itu pepes peda atau pepes teri.  Masakan khas daerah sini.  Hmmm enak sepertinya kalau sambil dicocol nasi hangat #eh.

Tapi sudahlah.  Setelah liat-liat balik lagi ke depan dan langsung mencicipi dodol asli buatan orang Betawi.  Untunglah dodol tersebut dibungkus plastik kayak permen.  Cukup kecil jadi aku bisa menikmati.  Konon lagi, sang bibinya engkong ini setiap menjelang lebaran masih nguleni err apa ya istilah bahasa Indonesianya.. pokoknya kayak ngaduk-ngaduk gitu.  Bikin dodol sendiri.


Pada dasarnya selain rumah gedhek, ada juga yang dibangun dengan menggunakan kayu.  Sepertinya sih kayu jati.  Lagi-lagi... koq kayak rumah jawa ya ?

Memang sih masing-masing daerah punya ke-khas-an arsitektural.  Namun aku melihatnya koq banyak kesamaan pada beberapa daerah ya ?  Apa masing-masing masih satu DNA yang kemudian tersebar ? Entahlah..


No comments:

Post a Comment