Thursday, June 7, 2018

Yogya, memang istimewa ! (Episode 3)

Sejatinya ada sedikit retakan hati yang timbul.  Ketika gagal mendapatkan angan-angan untuk motret candi ratu boko dan mataharinya.  Tapi sudahlah... biarkan hati ini merana tak mendapatkan cinta kali ini.  Biarkan bilur retakan itu lenyap ditelan empuknya kasur hotel.  Tidurlah wahai penikmat senja.  Besok kau akan menikmati indahnya semleret di atas candi borobudur.




Candi Borobudur adalah salah satu candi terbesar dan gaungnya pernah merambah seantero dunia.  Sebagai tempat wisata, tentu saja ramai pengunjung.  Nah gimana supaya bisa motret tanpa ada bayangan manusia pada jam kunjungan ?  Susah men !

Sebagai orang saklek kedeklit, aku pengen moto Borobudur tanpa manusia.  Hanya bangunan dan matahari saja.  Itu saja yang ada dibenakku.  Teorinya bisa dilakukan untuk motret sebelum matahari terbit dan pada hari kerja.  Gitu sih.

Untungnya ada hotel yang menyediakan waktu agar bisa terlaksana.  Jadi setelah cukup nyenyak tidur, sebelum subuh aku sudah bersiap-siap.  Sudah mandi ganteng dan bisa tersenyum lebar.

Kamera dan tripod sudah disiapkan.  Tripod memang perlu digunakan.  Karena akan memotret pada suasana remang-remang dan waktu sekian detik.  Kalau pake penyangga tangan tua gini, bisa goyang dombret fotonya.

Tak pake lama, meluncurlah elf kesayangan menuju lokasi.  Begitu sampai, dapat kartu ijin serta senter.  Ndilalah pas subuh, jadi aku engga langsung masuk.  Nyari tempat untuk subuhan dulu, baru cap cus.  Rupanya cukup banyak yang ingin menonton semleret pagi ini.  Hari minggu sih.  Jadi cukup ketinggalan untuk mencari tempat strategis.

Rada tergopoh-gopoh berusaha mencapai candi.  Setelah sampai candi, terlihatlah tangga yang menjulang menuju puncak.  Oalaaahh... Luuut.. Luut.  Manek maning kiyeh.  Apa kabar wahai kaki.
Cerita teklak tekluk pun mulai.  Perlahan tapi pasti, berusaha untuk melaju.  Naik.. naik ke puncak gunung, tinggi.. tinggi sekali.

Setelah sampe puncak, siapin tripod dan kamera dengan gagahnya.  Mengarah pada terbitnya matahari serta diantara segerumbulan stupa.  Ciamik pokoknya.

Mulailah duduk manis dalam proses menunggu semleret nongol.  Detik demi detik, menit demi menit menunggu sang matahari.  Clingak clinguk kiri kanan, liat bule pada nongkrong.  Liat teman-teman tukang moto pada sabar nunggu.  Serta suasana hening di ketinggian.

Namun yang ditunggu tidak nongol.  Tak ada semleret kuning keemasan.  Tak ada pendaran merah menggiurkan.  Tak terlihat samarnya biru menawan.  Hanya ada warna kelabu gelap yang nongol.  Habis sudah harapanku.  Ngaplo lah aku.  Sepertinya retakan hati semakin melebar.  Oalaahh.. yang aku cintai tak menerima diriku.  Hanya kelabunya langit yang ditampilkan.


Setengah putus asa, akhirnya turunlah aku.  Kembali menuruni tangga.  Kemudian berpendar jalan-jalan tak jelas.  Sesekali bantuin moto para bule.  Lumayanlah karena bibir bisa nyengar nyengir senyum manis.


Namun hal yang mengejutkan pun tiba.  Matahari dambaan hati nongol !  Muncul lengkap dengan warna merahnya !  Sedangkan aku ?  Posisi masih dibawah dan kamera sudah terbungkus rapih.  Duuuh nasibbb.. betapa malang nasibku.

Beberapa teman segera naik kembali dan didapat kabar mereka mendapatkan foto yang lebih lumayan.  Aku tertunduk lesu.  Bagai cinta yang ditolak karena kekurang sabaran diriku.  Adakah pundak dimana aku bisa menangis tersedu ?

Selesai sudah perjalanan singkat menempuh Dieng dan Yogyakarta.  Terima kasih pada Abah Maki, Pria R dan Teguh+Soleh Dieng yang telah mengawal dan menemani acara motret ini.  Acara sungguh menyenangkan.  Perut kenyang dan tidur nyenyak serta mendapatkan beberapa foto yang diinginkan.


*Disclaimer:
- Maaf rada lebay hehehe
- Karena langit kelabu, maka foto diconvert menjadi BW :)


No comments:

Post a Comment