Sunday, June 24, 2018

Mencari PACE di Kebun Binatang Ragunan

Beberapa minggu kemarin, rame banget dengan istilah "PACE" yang diunggah sebagai status di sosial media.  Berhubung penasaran, aku sebagai anak gahool kudu segera update masalah ginian.  Ssstt.. ngakunya anak gahool, kagak tau apa kalau dengkul udah teklak tekluk dan rambut semakin bijaksana ?



Mestinya sih kudu bilang "Ok, google" terus nanya itu PACE.  Setahuku pace adalah nama buah antik yang bagus untuk kesehatan.  Tapi disini berarti lain dan aku malas untuk mencarinya hehehehe.  Namun untuk mengejar nafsu, aku install aja aplikasi yang bisa ngitung pace.  Tau aplikasinya gegara teman ada yang pake.

Aku install strava dan relive.  Strava untuk mengukur kegiatan olah raga yang dilakukan (PACE nya nih).  Relive digunakan untuk "mendokumentasikan" dalam bentuk video, track yang dijalankan.  Koq ngebet pake relive ?  Biar bisa ambil foto-foto narsis dan ditempelkan pada video tersebut, sob.

Kudunya mereka bisa saling bekerjasama.  Strava nyatet dan Relive nge-dokumentasi.  Tapi aku belum bisa nge-set.  Jadi biar ajalah mereka jalan barengan.  Jadi engga keren sih.

Tapi itu sampingan dah.  Kudu nyari lokasi enak untuk ngukur PACE.  Eh kalau ngukur PACE aja kan bosan, kudu disambi motret-motret cantik.  Terpilihlah Kebun Binatang Ragunan.  Lokasi nyaman karena banyak pohon dan paling penting sih bisa moto warga Ragunan.  Sudah lama aku tak bertandang kesana.  Pengen liat perkembangannya seperti apa.  Sapa tau ada perkembangan baru atau ada hewan-hewan baru yang belum kenalan sama aku.

Niat moto kali ini dilaksanakan jam 6.00 pagi.  Ngambil waktu pagi biar bisa dapat Ray of Light (ROL) yang kadang muncul.  Pan bagus tuh kalau ada cahaya semlorot diantara puun besar atau puun bambu.  Lheeb dah.  Oh iya, kali ini bawa kamera Nikon D7000 plus lensa 55-200.  Bawa lensa rada panjang biar gampang ngambil obyek yang mungkin nan jauh dimato.  Atau untuk candid-candid an alias ngambil sambil ngumpet dah.


Nyampe disana pagi, abis itu antri parkir dan beli JakCard.  Kartu yang digunakan untuk masuk.  Lumayan juga 30 rebu.  Artinya pengunjung dipaksa untuk bayar tiket yang belum tentu dipake lagi.  Tapi sutralah, era disruptive sudah mulai.  Kudu siap-siap aja dengan model bisnis baru.

Langsung nyalain strava dan relive, kemudian biarin mereka bekerja.  Aku mulai jalan ke arah kanan dari pintu masuk.  Mbuhlah masalah lor kidul, yang penting mlaku dan motret.  Pasang kamera dan jalan slooowww...  Lihat para penggemar lari pada beraksi.  Entah berpasangan atau bergerombol.  Ada juga kereta bayi yang dibawa lari bareng orang tuanya.  Wah waahh.. anak muda masa kini.

Kali ini, aku berniat memotret wajah hewan.  Alias bagian kepalanya saja.  Cuma kepengen gitu sambil ngelemesin dengkul.  Jalur ke arah kanan memang belum keliatan ada kandang hewan.  Lebih mengarah model hutan-hutanan.  Jalur juga bagus, berkelok dan ada naik turun dikit.  Rupanya ini jalur pelari.  Banyak yang lari disini.


Cuma disinilah masalahnya.  Lha koq tetiba ada sekumpulan penjual makanan.  Jadi, mau gimane lagi kite ? Langsung aja duduk manis di tikar dan memesan sepincuk pecel lengkap plus tempe kemul.  Tak lupa segelas teh hangat manis.  Uenaak toohhh... Tapi gimana nasib si strava dan relive ? Gampang, ada pause nya koq #eh

Begitulah, niat motret sambil jalan sehat, belum dapat apa-apa eh malah udah makan kenyang.  Apa mau dikata, pecel sudah masuk perut.  Nah setelah kenyang, barulah motret.  Beberapa wajah berhasil didapat.  Beberapa posisi badan lengkap. Beberapa malah blur.  Tapi yang jelas, hasil motret kagak bagus karena fokus sama jalan-jalan doang.  Kandang-kandang cuma dilewati sebagian kecil saja.  Banyak alasan ya kalau motret jelek hehehe.


Ngeliat Ragunan sudah bagus dan semakin baik.  Aku melihat ada wilayah untuk penjual makanan dan aneka boneka.  Toilet pun cukup banyak.  Bagi yang punya anak kecil, banyak permainan menarik dan cukup murah.  Bisa dianggap kayak disney land dah.  Cocok buat hiburan untuk keluarga yang punya anak kecil.  Nyari lapangan yang teduh. gelar tiker dan bisa santap santai setelah cape ngajak anak-anak keliling.

Eh tapi, perjalanan aku ini tidak lama.  Hanya menempuh 5 km dan aku sudah capek.  Plus pegel-pegel tentunya.  Lumayan seger sih daripada lu manyun di rumah.  Setelah itu matiin strava dan relive terus langsung aja mengarah pulang.  Hanya bersilaturahmi dengan sedikit penghuni disana.  Mungkin lain kali aku akan datang lagi dan akan lebih rajin motret.

No comments:

Post a Comment