Tuesday, June 12, 2018

Menyambangi Geopark Ciletuh dan Ujung Genteng (Seri 1)

Kala otak udah senut-senut.  Pikiran terbawa aliran negara api.  Badan berasa lungkrah dan mata berpendar tak jelas.  Itulah saat bagiku untuk melakukan perjalanan.  Perjalanan yang sesungguhnya.  Pergi ke daerah apa saja untuk mengayunkan kaki.

Ketika hal tersebut menyergap tanpa ampun, maka "niyat inyong" untuk mencari daerah mana yang akan didatangi.  Browsing sana browsing sini, liat timeline onoh ama timeline inih.  Sampe akhirnya teringat sang pemandu budiman dari tanah Ujung Genteng.  Pria bernama Pria (lho!), enaknya nulis lelaki bernama Pria menawarkan open trip.  Beliau sedang mengadakan open trip ke Geopark Ciletuh dan Ujung Genteng.  Daerah seputaran Palabuhan Ratu Sukabumi lah.  Langsung sikaaat untuk mendaftar.
Oh ya model jalan-jalan kali ini bukan ikut rombongan tukang foto.  Siapa saja boleh gabung untuk jalan-jalan.  Karena model open trip maka biaya lebih murah.  Makan seadanya, penginapan bareng-bareng tidurnya dan acaranya sudah ditentukan.

Ehh tunggu... tidur bareng-bareng disini bukan berarti tidur campur antara semua jenis kelamin ya hehehe..  Biasanya dipisah cuma tidak ada kamar privacy.  Semua lelaki tidur satu ruangan besar.  Posisi boleh seenaknya dah.  Asal kagak mengganggu yang lain.

Wess.. pokoknya, setelah urusan beres, maka berangkatlah aku ke plasa semanggi sendirian.  Koq sendirian ? Iya nih.  Lagi pengen menikmati motret seutuhnya.  Tanpa mikirin yang lain.  Emangnya ini acara motret ?  Bukanlah.. ini acara piknik.  Cuma aku aja yang pengen motret.

Perjalanan akan dimulai pukul 23.00 malam dan diperkirakan akan nyampe Geopark Ciletuh sekitar subuh.  Hmm waktu yang pas untuk dapat sunrise.  Begitu suara kecil batinku bergema girang.

Omong diomong, apaan sih Geopark Ciletuh ?  Gampangannya... geopark ciletuh adalah sebuah wilayah taman purba.  Artinya bebatuan, tanahnya sudah berumur tua.  Ribuan tahun mungkin.  Merupakan simbol peradaban bumi dan merupakan surga bagi para geolog untuk menumpahkan segala ilmu kesaktiannya.  Paham kan ? Batu ribuan tahun yang tertanam pada salah satu pojok Indonesia.

Sebelum nyampe disana, aku sudah membayangkan urat batu kuno, air terjun yang menjulang dan mungkin pepohonan tua yang tumbuh liar.  Segar.  Membuat otak berasa masuk ke dunia lain.

Setelah peserta open trip kumpul, ternyata ada 4 orang.  Aku, temanku dan kenalan baruku.  Seorang lagi akan dijemput di Sukabumi.  Ternyata lagi, 3 orang tukang foto semua.  Curiga bakalan jadi trip foto dah hehehehe.

Baiklah, segera kami menaiki mobil transport dan melajulah menyusuri jalan tol membelah malam.  Oh ya jaman dulu (cuma beberapa tahun yang lalu sih) masih enak.  Belum ada acara berbalas pantun dari para penggiat perang sosmed.  Jadi kami engga mikirin dan engga perlu menghapal ini lewat jalan tol siapa wakakaka.

Malam itu, aku percaya aja sih sama driver yang bawa kendaraan.  Jadinya ini kepala langsung tersungkur ngantuk di kursi.  Tidur pulas.  Walau kadang terbangun atau merasakan liukan mobil menghindari lubang.  Atau pas terengah-engah memanjat jalanan.

Setelah menjemput satu peserta lagi, mobil semakin melaju menembus dinihari dan aku semakin tersungkur pulas tak bertepi.  Untung engga ngiler heh !

Memasuki subuh, dimana posisinya adalah "unknown location", mampir solat dulu.  Abis itu gerak badan bentar biar otot tak kaku-kaku amat.  Lalu kami melaju lagi.  Sudah dekat kata sang pemandu budiman.

Namun... sepanjang mendaki mendekati lokasi koq warna merah muda, kuning dan biru sudah berpendar ? Alaamaaaakkkkk... surga dunia sudah mulai menyelimuti bumi.  Sedang akuh ? masih dalam perjalanan.  Melihat pertanda seperti ini, aku hanya pasrah.  Tak mungkin ku dapati sunrise indah pas di depan mata.  Ku ingat-ingat lagi bahwa aku adalah peserta open trip.  Bukan peserta trip memburu sunrise.  Tenang Lut, keep calm and ojo ngedumel.

Menjelang pukul enam pagi, sampailah di lokasi Geopark Ciletuh.  Walau langit mencurahkan awan mendung kelabu, terlihat jelas teater megah geopark.  Cekungan indah dan terhampar dapat dilihat dari ketinggian.

Baiklah, nikmati indahnya surga dunia bersama secangkir kopi hangat dan menu sarapan enak.  Tangkap pemandangan ini sambil sesekali menjepretkan kamera.  Perjalanan siap dimulai kembali.

No comments:

Post a Comment