Friday, June 29, 2018

Jakarta Dalam Balutan Cahaya

Naik.. naik ke puncak gunung..  ehh... gedung.  Tinggi-tinggii sekaliii..  Aku selalu terkesima dengan keindahahan pemandangan kota saat temaram senja.  Gedung-gedung bermandikan cahaya dibalut langit keren.

Motret keindahan Jakarta ?  Wuiih keren banget tuh.  Pengen banget punya foto-foto Jakarta bermandikan cahaya lampu.  Warna-warni indah dan penuh glamour.  Mewah.


Istilah memotret keindahan kota dikenal dengan nama "Cityscape".  Istilah ini diartikan memotret keindahan kota.  Kotanya kaum urban.  Berbeda dengan landscape yang artinya memotret keindahan alam yang natural.

Posisi kota yang dipotret bisa aja pagi, siang, sore atau malam.  Bisa diambil dari atas gedung, bawah gedung, pinggir jalan atau posisi lainnya.  Kembali ke jargon suka-suka.  Pokoknya bisa dibuat indah dimata.

Pernah sih, pas pulang ngantor iseng-iseng bawa kamera kecil kemudian jalan kaki dari ratu plasa menuju SCBD.  Aku bawa kamera kecil karena kata orang-orang, SCBD daerah terlarang untuk difoto.  Memang kawasan utamanya dijaga ketat.  Motret sebentar pasti ketahuan dan ditegur.

Ya sud lah, cari aja gedung-gedung sekitar.  Motret dari bawah.  Tapiii.. kagak asik man !  Warna cuma biru dari langit dan kerasnya warna-warna gedung.  Sepertinya tarian lampu mobil dan gedung kaku yang bermandikan cahaya yang bikin indah.  Tentu saja perlu ada tambahan langit biru dan kuning keemasan nan bohay.

Mulailah browsing-browsing dan pas kebeneran nemu event organizer yang mengadakan moto cityscape dari sebuah gedung di sekitar bundaran HI.  Masih mencoba mengingat-ingat namanya tapi koq aku lupa ya.  Peace brow :)


Pada hari H jam J, segera aku bawa kamera nikon D7000 plus lensa wide.  Kudunya bawa filter untuk menahan sinar matahari.  Tapi waktu itu belum punya.  Kagak lupa juga bawa tripod.  Yaa mau engga mau, Supaya kamera duduk anteng motret tanpa goyangan ya pake tripod.  Kalau pake tangan pasti tremor dan goyang dombret.

Semangat dah pokoknya.  Perlu diingat juga, datang harus tepat waktu.  Karena waktu yang disediakan sangat terbatas.

Begitu nyampe lokasi, langsung dibawa ke puncak gedung dan masya Allah... keren pisan juragan.  Jakarta dari ketinggian tuh emang moi.  Segera saja dari helypad main jeprat-jepret sepuasnya.  Sempet narsis juga sih.  Tapi foto narsisnya belum ketemu.  Intinya aku sedang mengangkat tripod dengan ujung kamera nikon.  Posisi wajah menghadap kamera tersebut dengan latar belakang gedung-gedung tinggi Jakarta.  Keren pol dah menurut aku.


Sejatinya saat itu aku masih newbie banget.  Jadi kurang "greng" hasil foto-fotonya.  Sepertinya karena kurang persiapan.  Kadang kebanyakan iseng nyoba-nyoba hal aneh. Bahkan naik tanpa persiapan sama sekali.  Jangan ditiru ya.

Memotret pada dasarnya harus serius pada saat persiapan.  Tahu gedung yang dipotret, nyiapin spot, nyiapin alat-alat dan konsentrasi.  Tentu saja harus dengan hati riang gembira.  Selain itu butuh sabar juga.


Itulah salah satu episode kehidupan memotret cityscape.  Menyenangkan namun jarang gedung-gedung yang mengijinkan acara seperti itu.  Semuanya serba teratur dan mengikuti aturan safety dari gedung yang bersangkutan.  Jadi tidak dengan mudah kita cuma bilang mau motret dari gedung anu.  Mungkin butuh waktu berminggu-minggu sebelum disetujui.

Kapan-kapan aku mau cerita lagi motret cityscape dari gedung lain ya.  Cerita ini cukup sampe disini dulu.


No comments:

Post a Comment