Sunday, June 10, 2018

Selfie ? Menyenangkan kah ?

Selfie menjadi istilah yang booming sejak sosial media di Internet menjadi kebutuhan primer.  Kebutuhan primer ya ? eh.. hehehehe.  Pada dasarnya selfie adalah self potrait dalam fotografi.  Artinya selfie dilakukan oleh diri sendiri baik dengan menggunakan kamera maupun handphone.

Sejak menjadi trending topic, maka bermunculan lah alat bantu selfie.  Misal tongkat selfie alias tongsis.  Tongkat yang banyak dibawa kemana-mana oleh para penggemar selfie.  Apalagi dengan adanya peningkatan kualitas editing hasil foto di handphone.  Model unyu, beauty, halus mulus, pipi jadi tirus, mata jadi belok atau apalah.  Semakin aneh lah wajah-wajah para selfie mania :)



Aku gak kepingin sih selfie all the way pada saat melakukan kegiatan.  Apalagi kegiatan motret.  Cuma, aku senang motret fotografer yang sedang beraksi.  Motret diri sendiri ? hmm amat sangat jarang pake banget.

Eh btw tukang motret kalau selfie biasanya senang dipotret lagi beraksi megang kameranya.  Entah kenapa ya ?  Aku sering liat fotografer ber-selfie dengan menenteng kamera.  Aku sendiri pernah melakukan.  Pas ngelakuin pas lagi bosen dan ngantuk.  Bener-bener iseng dah.


Kadang juga dipotret sama teman motret.  Kalau ini itungannya bukan selfie kali ya.  Mungkin sesama tukang potret sangat memahami kalau foto pribadi itu jarang sekali dipunya.  Makanya saling motret antar tukang potret itu perlu.


Apalagi dilakukan di daerah yang eksotis dan suasana yang bergelora.  Perasaan bener-bener keren dah kalau bisa motret para tukang foto.  Hati bisa senang tanpa ampun.  Bukan karena pujian, tapi karena berhasil memotret sesuai dengan keinginan hati.  Nafsu terpuaskan gitu.


Ini salah satu foto yang aku suka.  Motret seorang teman yang asik mencumbu karang dan matahari.  Model siluet yang secara tak sengaja aku liat pas motret di Sawarna.  Aku suka pokoknya :)

Sebenernya ada satu foto lagi.  Foto aku lagi mengangkat tripod berkamera dan difoto pada sebuah bangunan pencakar langit.  Latar belakang adalah gedung-gedung tinggi seputar Sudirman Jakarta.  Bukan selfie karena difoto oleh tukang foto menggunakan tab.

Sayangnya foto tersebut hilang dan engga ketemu.  Ditelan jaman mungkin.

Baik kah berselfie ?  Secara bahasan umum, aku bosan kalau melihat ada orang tiap hari selfie tanpa henti di sosial media.  Mabuk lah kalau tiap hari disuguhi wajah beraneka ragam dengan segala polah bentuk wajah yang berubah-ubah.  Tapi balik lagi, aku kagak bisa melarang, jadi biarin aja dah.



No comments:

Post a Comment