Monday, July 9, 2018

Motret Pake HP ? Mengapa Tidak ?

Pengen motret tapi engga punya kamera ?  atau males bawa kamera yang gede ? atau sejuta alasan lain untuk bisa motret dengan cara simple ?  Gampang.  Beli aja HP.  Alat sederhana yang sekarang menjadi semakin pintar.


HP atau "Hand Phone",  sejak kemunculan IoS dan Blackberry dan disusul Android, menjadi benda pintar yang bisa digunakan untuk macam-macam kebutuhan.  Salah satunya adalah untuk motret.  Jaman sekarang, HP pinter sudah dilengkapi lensa yang cukup baik.  Memang sih belum menyamai fitur kamera canggih, namun setidaknya ada cara untuk merekam cahaya secara sederhana.

Aku sendiri kadang memotret bergantian.  Kadang pake kamera dan kadang pake HP.  Asal lensa HP cukup bagus, pake aja sebagai alat potret.  Toh hasilnya paling dinikmati pada layar HP, walau kadang ada yang ingin dicetak juga sih.

Terkadang potret hasil HP malah lebih bagus dibanding kamera.  Sebab HP sudah disediakan software untuk menyeimbangkan cahaya.  Kalau kamera kan kadang harus ngulik sendiri.


Jaman belum punya kamera, aku motret menggunakan HP Andromax.  Hasilnya jelek secara kualitas.  Ya memang sih.  Bukan HP kelas wahid.  Perlu diketahui, aku paling males beli HP mahal.  Takut kecemplung toilet kayak beberapa HP ku.

Sesi motret pertamaku adalah kota tua Jakarta.  Motret bareng teman yang bawa Sony NEX dan Nikon D7000.  Ndilalah yaa.. kamera pertamaku adalah Sony NEX dan kemudian ditambah Nikon D7000 hehehe.


Bagusnya HP merk apa sih untuk moto ?  Konsepnya adalah cari yang bisa menghasilkan gambar dalam ukuran megapixel yang besar.  Kemudian ada flash lightnya, karena butuh sinar sewaktu-waktu.  Tapi tetep aja HP rata-rata engga bagus untuk motret malam atau low light.

Kalau merk yang dituju, pastikan beli HP termahal yang kamu sanggup.  Biasanya HP mahal sudah ditambah lensa yang bagus.  Jangan lupa coba dulu untuk motret biar dirasakan.  Puas atau enggaknya.


Banyak juga third party yang mendukung HP sebagai alat potret.  Misal lensa tambahan yang ditempel depan lensa HP.  Bisa juga lensa zoom yang ditempelkan.  Ada tripod untuk HP.  Bejibumnya sofware editor gambar dan pengatur lensa di play store.  Mungkin masih banyak lagi,  Cari sendiri ya ;)

Aku sempet pake HP LG G2 dan merasa cukup puas untuk memotret landscape.  Tidak pake tools tambahan dan hanya menggunakan software editor sesuai keperluan.


Kalau sudah punya HP bagus, rajin-rajinlah memotret.  Potret apa saja yang kau suka.  Ntar lama-lama akan ketemu feelnya.  Gitu aja sih.

Kalau hasil motret kurang ok, cobalah edit dengan tools editor yang ada di HP.  Misal Snapseed atau LightRoom for mobile.  Koq diedit sih ? kan jadinya engga asli ?  Pada dasarnya mengedit adalah suka-suka orangnya.  Mau diedit ya engga apa-apa.  Bebaskan pikiran senimu dari hal-hal apapun.

Pada tulisanku ini, sengingatku semua gambar diambil pake HP.  Tapi bener-bener lupa, apakah ada yang pake kamera atau engga.  Maafkan aku ya.  Cuman aku inget banget,  foto-foto ini diambil di Setu Patok, Cirebon.  Tempat aku mancing ikan jaman kecil dulu.

Sudah siap motret dengan HP ?

No comments:

Post a Comment