Friday, July 27, 2018

Aja Nangis Kanggo Inyong, Purwokerto #Jilid Lima

#Muterin_Kenangan_Nyampe_Sumbang

Pagi damai di rumah teman sekitar Sumampir.  Sarapan mendoan dan segelas teh hangat.  Segar setelah berkeliling sebentar.  Sebenernya sudah cukup, namun penghuni rumah mengajak sarapan sroto.  Sarapan yang sudah menunggu lama, tapi aku dan teman Tasik ku baru sampai setelah agak siangan.  Ngobrol dan ngobrol.  Glewehan inget masa jadul.




Terus teman Tasik langsung cabut ke GOR Satria, mengantar anaknya berlaga.  Sedang aku, walau belum mandi, udah nekat ngajak memontoran sang tuan rumah.   Untunglah pas engga ada acara.  Jadilah kami menuju ke arah jalanan Sumampir.

Pit stop pertama adalah mengunjungi guru programming komputer pertama ku.  Berhasil ketemu dan ngobrol kangen-kangenan.  Cerita masa lalu dan cerita masa depan anak-anaknya.  Anak yang dulu kecil-kecil, sudah dewasa dan berjuang menyebar keluar Purwokerto.  Masih bergelut di bidang IT sih.  Buah engga bakal jauh dari pohonnya yaa.

Lalu kemana lagi kita ?  Aku sempat cerita bahwa teman anak Sumampir yang kerja di Jakarta pas ada di Purwokerto.  Temanku penasaran.  Apa masih inget sama dia ?  Hehehehe... maklumlah.  Puluhan tahun kagak ketemu.  Pasti pengen ketemu.

Masalahnya adalah aku engga tau alamatnya.  Untungnya temen ku hapal seluk beluk jalan Sumampir.  Jadi nekatlah jalan mencari alamat yang hilang.

Setelah nanya sana dan nanya  sini, ketemulah alamatnya.  Sesaat rada bingung.  Udah salam tapi belum ada jawaban.  Hanya terdengar suara orang lagi ngobrol.  Aku sih yakin kalau itu temenku.  Jadi nekat aja buka pagar.


Di depan pintu, aku sengaja rada ngumpet.  Biar temanku saja yang ketemu duluan.  Biar tahu, berapa lama daya ingat akan ketemu memory masa lalu.  Hehehe.

Begitu tuan rumah keluar, kudengar suara temanku, "Madosi sinten gih ?".  Kemudian dijawab, "Madosi bapak".  Sesaat bengong, terus aku nongol.  Oalaah.. dia yang pernah ketemu dengan aku, masih hapal.  Namun sama temanku, lupa-lupa inget lah.  Puluhan tahun, man !

Akhirnya.. ketawa ketiwilah inget masa lalu (lagi).  Ngobrol dengan ibunya juga.  Ketemu adiknya.  Masya Allah... seneng bener atiku bisa ketemu teman-teman lama.  Namun engga bisa pake lama, berhubung temenku mau ada pertemuan persiapan reuni.  Maklumah, temenku adalah raja panitia reuni ;)

Lalu ?  Pulang tidur atau ?

Iseng aku tanya temenku, mau engga kalau langsung ke Banjarsari Wetan, Sumbang ?  Alhamdullillah mau.  Akhirnya jalan lagi kita menyusuri jalan aspal naik ke lereng gunung Slamet.
Jalannya sudah mulus dan beraspal bagus.  Suasana sudah sangat ramai.  Tidak seperti jaman dulu.  Masih jalanan berbatu dan sepi.


Saat memasuki Banjarsari Wetan, langsung disergap kenangan.  Sawah ijo royo-royo, senyum hangat penduduk serta langit biru cerah dengan udara segarnya.  Ah nikmat dunia.

Sempet nyasar juga sih saat menuju rumah pak manten.  Manten disini adalah mantan kepala desa.  Banjasari Wetan adalah tempat aku KKN jaman kuliah.  Sudah hampir 20 an tahun tak pernah bertemu.


Begitu masuk halaman, terlihat sedang ada acara di dalam rumah.  Kulihat bu manten melongok keluar dan penasaran.  Siapa gerangan anak tua diatas motor itu.  Aku pun berlagak pura-pura engga kenal.  Ikut-ikutan melongok-longok.

Kemudian pak manten keluar.  Masih sangsi dengan apa yang dilihatnya.  Masih bingung.  Terus aku buka helm dan yaa.. berpelukanlah kami.  "Mas Luki.. deneng suwe pisan ora nang Banjarsari.  Nembe wingi diomongke karo mboke.  Anak lanang wis sombong ora tau mampir."

Alhamdulillah... Syukur atas rahmat sang Pemberi Kehidupan.  Aku masih diberi kesempatan bertemu pak kades KKN jaman dulu.  Masih sehat dan segar.  Kebetulan rizki bukan anak pak soleh juga,  ketemu keluarga besar pak manten.  Mulai dari Ibunya bu manten, kakak dan adik bu manten, anak bu manten sampai anak-anak dari keponakan bu manten.


Aiihhh dunia berputar.  Anak-anak kecil yang dulu aku gendong, sekarang sudah punya anak.  Cuma satu anak kecil lucu yang tidak ketemu.  Dia kerja di Jakarta katanya.  Satu-satunya anak yang manggil aku beda.  "Om Hayo".  Itu panggilan dia kepadaku.

Oh ya teman Sumampir ku ternyata hapal jalan-jalan sekitar Sumbang.  Tahu beberapa orang Banjarsari.  Jadinya gayeng ngobrol ngalor-ngidul.

Aku sendiri inget pawon, inget pete bakar, inget balapan makan dan mbuhlah.  Banyak menari-nari dikepalaku.  Sempet juga ngelongok bekas kamar kost KKN juga sih.

Tak bisa lama aku disini.  Harus balik ke Purwokerto karena pengen nonton pertandingan anak temen Tasikku.  Pamitan dan tetep aja disuruh nginep.  Maaf kan daku, belum bisa nginep kala itu.


Kesenangan dan kebahagian membuat aku bersyukur.  Masih bisa silaturahmi bersama teman kuliah yang baik.  Masih bisa bertemu dengan orang tua, kakak, adik dan teman-teman di tempat KKN dulu.  Ini nikmat dunia bagiku.

No comments:

Post a Comment