Sunday, July 29, 2018

Aja Nangis Kanggo Inyong, Purwokerto #Jilid Enem

#Menelusuri_Jejak_Masa_Lampau

Pagi itu, setelah tertidur semalam dengan nyenyak, kami kembali ngobrol ngalor-ngidul.  Rasanya gimana gitu, ketemu teman lama yang puluhan tahun kagak pernah ketemu.  Pastinya ngobrol terus all the way.  Masa lalu bro.. paling enak diobrolin pada masa depan.




Setelah segelas kopi tandas, serta nyamikan khas Purwokerto mulai habis, siap-siaplah untuk berangkat.  Teman Tasik tentu saja siap-siap untuk mengantar anaknya bertanding.  Tuang rumah, teman Sumampir siap-siap untuk kerja.  Lha aku ? Tentu saja siap-siap mau mlaku.  Keliling Grendeng untuk menguak jalur masa lalu.  Jalur yang penuh cerita.

Setelah perut kenyang dan mandi tentunya, berangkatlah kami menuju tujuan masing-masing.  Ada rasa haru saat berpisah.  Belum cukup rasanya obrolan gayeng masa muda kami.  Namun pagi ini, kami harus melanjutkan perjalanan masing-masing.


Aku memulai perjalanan dengan ilmu melampah, alias mlaku alias by sikil.  Awalnya tuan rumah menawarkan untuk nganterin sampai Grendeng.  Tapi kan kasihan, dia bisa terlambat kerja.  Jadi saya putuskan aja untuk jalan kaki.  Biar si Strava ada kegiatan gitu.

Setelah strava aku aktifkan, mulailah jalan.  Jalanan Sumampir sekarang padat.  Banyak motor lalu lalang.  Engga kayak jaman dulu.  Kudu hati-hati.  Sempet tergiur dengan aneka menu rasa, tapi perut udah full tank.  Mari kita abisin para lemak yang sudah bercokol.

Aku menelusuri jalan Sumampir sampai mentok ke HR.  Bunyamin dan langsung belok ke kanan.  Maklum bray, hanya ngerti kanan, kiri, atas, bawah, maju dan mundur.  Kagak hapal penunjuk arah legend kayak ngalor, ngidul, ngetan dan ngulon.

Aku melewati kost para mahasiswi jaman dulu, foto copy lama, sampai markas UPL.  Pada kemana gerangan orang-orang aktivis pecinta alam masa lalu ?  Terus maju dikit ketemu eks toko Koperma.  Huaahh... Banyak bertebaran kenangan disitu.  Tempat es krim dan gudang tua.  Tempat pajangan stiker buatan aku dan ah banyak banget dah kenangan.  Apalagi dulu ada warteg pak Tamyiz.  Tempat ngupi-ngupi sore.

Terus ngeliat juga eks kantor Pos dan Giro.  Tempat menguangkan wesel kiriman ortu.  Masa indah mahasiswa tuh adalah menerima wesel yang cukup dan tepat waktu.  Lewat dari itu,  siap-siap bermanis muka dan wajah penuh belas kasihan untuk berhutang.


Langsung nyebrang dan masuk ke jalan Kampus.  Jalan kenangan yang penuh aneka pedagang kaki lima murah meriah.  Dari Bakmi Jawa Biologi, es campur, soto atau entah apalagi.  Jalan yang selalu dilewati mahasiswa yang kost di belakang kampus.

Sebelum lanjut ke kost lama, aku sempet belok dulu ke jalan kecil.  Jalan menuju kampus via pintu darurat.  Sengaja lewat situ karena ada teman yang pengen minta difotokan warung sego pecel legendaris.  Letaknya persis dibelakang kost temanku.  Namun warung pecel sudah berubah menjadi gedung kampus megah.  Tempat kost temanku pun sudah berubah wajah.  Dari rumah jawa sederhana menjadi bentuk entahlah tak tau aku.


Terus kutelusuri jalan kecil samping tembok kampus.  Nampak hutan beton.  Padahal dulunya adalah sawah dan rumpun bambu yang meneduhkan.  Tak seindah dulu memang.

Aku belok kiri dan masuk ke gang kecil.  Terus maju pelan dan terlihatkah kost ketiga ku.  Kost para pecinta.  Dulu ditunggui oleh mbah uti dan mbah kakung.  Tempat aku dipeluk mbah kakung kalau aku lama engga nongol di kost.

Awalnya ada ditengah kebun dan rerimbunan rumpun bambu.  Sekarang, tenggelam oleh hutan beton kaku dan keras.  Duhh...

Naik sedikit dan ketemu tetangga kost jaman dulu.  Awalnya cuma ditanya mau cari siapa dan pertanyaan standar.  Setelah aku buka topi, beliau langsung mengenali.  Walau lupa nama.  Chit chat sebentar dan lanjut mlaku lagi ke arah kost terakhirku.

Sampai disana, titip tas dan mengajak anak paling kecil untuk menemaniku mlaku-mlaku.  Dimulai dengan melongok kantor Menwa dan kantor Student English Forum.  Dua organisasi kemahasiswaan yang ingin aku masuki namun gagal.  Entahlah.. aku kurang gigih dan semangat kayaknya.


Lanjut lagi liat gedung tempat wisuda dan masuk ke halaman belakang.  Naik dan ketemu gedung tempat penataran P4 dan pembekalan KKN.  Belok kanan dan terlihatlah toilet.  Toilet masa lalu tempat nongkrong kalau mentok saat coding atau belajar programming.  Toilet tempat dimana aku bisa teriak "Eureka!".

Jalan lagi dan terlihatlah area parkir motor.  Sebelah kirinya dulu adalah tempat LPK Koperma berada.  Tempat aku latihan programming komputer dan mengetik skripsi.  Tempat suka melarang-larang mahasiswa ngetik skripsi kelamaan dan sempet digruduk mahasiswa gegara tidak suka sindiranku.  Duuhh.. inget masa lalu.  Betapa memalukan diriku.


Puas dari sini, perjalanan dilanjutkan ke arah kost kedua ku.  Jalan terus sambil mengingat-ingat kost putri kenangan, warung nasi kenangan, warung mie micin kenangan, warung es kenangan dan semua serba kenangan yang menggeruduk memori.  Mabok kenangan my brooo..

Namun wajah kampung mahasiswa ini sudah berubah total.  Lebih modern dan padat hutan beton.  Sedikit yang tidak berubah.  Para pemilik kost juga mengeluhkan hal sama.  Engga kayak mahasiswa jaman dulu.  Sekarang pengennya bebas dari aturan dan wifi hukumnya wajib.  Tak ada acara nyuci-nyuci pakaian di sumur dan kagak ada masak-masak di dapur.  Semua digantikan laundry dan pesan makanan online.

Beberapa pesanan teman untuk memoto kost-kost mereka tak sepenuhnya bisa dijabani.  Sudah berubah bahkan tak berbekas.  Hanya beberapa foto yang bisa diambil karena masih ada judul yang jelas.


Kaki masih melangkah.  Sampai akhirnya menemui kost kedua.  Kost terkesan angkuh dan kokoh pada jamannya.  Gimana engga angkuh, tembok tinggi mengelilingi kost.  Pintu plat baja sebagai pintu masuk.  Kami menjuluki "Benteng".

Tetangga pun sudah menghilang.  Pindah ke pinggiran.  Sawah sudah berubah menjadi bangunan kost.  Jalanan sudah disemen.  Toko-toko kecil bermunculan.

Sempet ketemu pemilik toko, seorang bapak muda yang aku tau persis jaman dulu dia adalah anak kecil yang biasa main bulutangkis.  Kakaknya pun akhirnya ketemu.  Kami ngobrol dan aku tetap tidak mau mengaku.  Rupanya dia mulai ingat dan langsung menyebut, "mas lufi dari kost Bentar".  Alhamdulillah... anak-anak cilik ini masih bisa mengenali.


Lanjut lagi ke arah masjid Fatimatuzzahra.  Masjid tempat angan-angan internet kecepatan tinggi didengungkan.  Masjid tempat leyeh-leyeh santai tapi tetiba disuruh jadi juri anak-anak yang lomba solat.  Masjid dimana aku bermula suka buka puasa di masjid, gegara kurma kiriman dari Arab yang lezat.  Wataawww...  kenangan berlompatan melulu.

Sesampai disana, balik kanan dan berusaha mencari pesanan temenku.  Dia minta dicarikan apakah Mie Biologi masih ada dan dimanakah gerangan warungnya.  Aku menyelusuri jalan cenderawasih.  Ku ingat saat awal-awal kuliah dan jalan menuju warung, lagu kalangkang nya orang sunda sering terdengar mengalun.  Heran juga sih, negri ngapak koq banyak yang menyetel lagu sunda.

Voilaa..  mie godok ketemu.  Langsung investigasi, nanya ini itu dan tak lupa mesan.  Aku engga makan sih, masih kenyang.  Teman jalanku aja yang makan.  Mandan kencot katanya.  Hmm sepertinya masih kayak jaman dulu mie nya.  Sementara nungguin makan, aku sih ngobrol ngalor ngidul dengan sang pemilik.  Rupanya warung mie ini akan tetap jalan dan diwariskan ke anaknya.


Cape sudah mlaku-mlaku.  Balik kanan balik ke kost terakhir aku.  Tak lupa kunikmati sepiring jumbo rujak uleg buah segar.  Segar sesegar pikiran yang sudah terlepaskan nafsu menelusuri kenangan.  Pedas membuncahkan masa-masa sulit jaman dulu.

Namun kerinduan masa lalu itu pasti akan datang lagi.  Menyergap dalam senyap dan memaksa aku mlaku lagi ke republik ngapak.


2 comments:

  1. Mabok kenangan, kenangan berlompatan melulu...Btw..karangwangkal tdk njd bagian dr kisah ini krn lebih banyak mjd bagian dr kisah Fakultas lainnya..hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiih.. karangwangkal sudah aku jabani pas reuni. Ketemu rumah temanku yang buka warung nasi enak jaman dulu.

      Delete