Wednesday, July 25, 2018

Aja Nangis Kanggo Inyong, Purwokerto #Jilid Loro

#Tekan_Purwokerto

Namanya numpak sepur, inyong pasti turu pasrah.  Mbuh tekan ngendi yaa ora ngerti.  Biasanya aku milih sepur yang langsung ke tujuan.  Mau ke Purwokerto yaa nyari sepur tujuan akhir Purwokerto.  Nah kali ini, aku naik sepur yang tujuan akhirnya bukan Purwokerto.  Ini problem gan.




Bener aja.  Pas alarm berbunyi, tak ada petugas yang membangunkan.  Padahal alarm menunjukkan hampir tiba di Purwokerto. Clingak-clinguk penumpang pada hanyut mimpi semua.  Cek GPS, lompat kagak karuan.  Cek maps nya google, kagak nemu jalur kereta.  Wuidyaan tenan.  Bahaya kalau nyampe Solo.

Untunglah ada petugas kebersihan lewat dan bilang bahwa Purwokerto sebentar lagi masuk.  Segera beres-beres tas dan nongkrong aja di pintu gerbong.  Sepi.  Sempet pipis sebentar.  Menurut orang bijak, hanya lelaki sejati yang bisa pipis di ruangan seuprit dan pake goyang-goyang dombret ketika kereta melaju penuh.

Saking penasarannya, sempet liat via jendela kaca pintu.  Sapa tau ada tulisan Purwokerto.  Tapi pas dilongok koq yaaa... barisan kuburan.  Duh aduuhhh... gemretek atiku.

Lumayan lama berdiri gagah dipinggir pintu.  Mungkin hampir 30 menitan.  Sampai akhirnya muncul sinar terang benderang dan tulisan Purwokerto terbaca.  Yihaaa.... balek kampung.  Bapakeee...Biyuuunggeeee.. inyong tekaaa...


Aah... mengharu biru rasanya.  Menginjakkan kaki kembali ke republic of ngapak.  Kota kecil namun full ngapak.  Tempat anak-anak bangsa ditempa dengan kesederhanaan.

Turun dan melihat jam masih pukul tiga dini hari.  Segera aku cari pertolongan pertama untuk HP ku yang low bat parah.  Gimana lagi coba, HP adalah alat utama untuk mlaku-mlaku.  Bisa untuk motret, bisa untuk nyari transport bahkan bisa untuk nyari makan.  Hidup indah dan mudah bukan ?

Kemudian duduk manis terkantuk-kantuk menunggu subuh.  Otakku melayang-layang merencanakan perjalanan ini.  Sesuai janji, aku akan silaturahmi ke rumah teman lama.  Kemudian aku akan melaksanakan hajat khusus silaturahmi ke rumah menantu ibu kost dan ke rumah guru komputer ku.


Rencana pagi ini adalah mengunjungi dan minta sarapan dage plus kopi.  Tamu koq maksa yaa... yo wes ben hehehhe.  Bar sarapan, rencana mau ke kampus.  Moto-moto dan jalan napak tilas ke kost lama.  Muter dah.  Abis itu mengunjungi teman di Sumampir.  Denger-denger ada temenku dari Tasik yang juga lagi disana.  Pas lah.

Sempet aku WA temenku buat nyiapin sarapan.  Namun tak kunjung di-read.  Rupanya lagi ada kesibukan dia.  Ya sudah, rencana harus berubah.  Habis subuhan langsung ke kampus aja.  Kata orang pinter,  rencana yang paling baik adalah tanpa rencana, bukan ?

Abis subuhan segera mencari ojek.  Kendaraan yang paling aku suka.  Namun stasiun Purwokerto ini masuk daerah merah.  Artinya ojek online engga boleh beroperasi.  Stasiun hanya boleh untuk angkutan mewah.  Angkutan yang egaliter engga boleh masuk.  Kudu jalan jauh ke Pasar Manis buat nyari angkutan online.  Duh.

Ya wis ari kayak kweh.  Kepriwe maning inyonge.  Terpaksa nyewa ojek vip, bayar 20 rebu (hasil nawar) dan meluncurlah pada subuh yang dingin menuju kampus tercinta.


Kampus tempat berjuta kenangan tercipta.  Masa susah, senang, sedih, bahagia yang tercampur aduk.  Masa harus mikirin diri sendiri, empati kepada orang lain, digruduk orang, diledek abis-abisan dan mbuh apa maning.  Masa yang kehidupan kelam harus ditelan sendiri.

Pokoknya rasa hati ini campur aduk. sampe ojek nyampe di kampus dengan ciri patung panglima besar Soedirman naik kuda dengan gagahnya.


 Selamat datang di kampus perjuangan.


No comments:

Post a Comment