Monday, July 16, 2018

Kembalikan Bali Padaku #6

#Episode Desa Pinggan

Mana foto landscape nya ?  Duh ditanya mulu.  Baiklah... Aku kasih dah.

Bali dengan landscape yang aduhai untuk fotografi.  Siapa yang bisa menyangkal.  Banyak spot dari pantai sampai gunung.  Tak cukup sebulan untuk merekam semua itu.



Bagaimana dengan aku ?  Trip foto kali ini memang lebih banyak bermain pada memotret "kehidupan manusia".  Namun ada kalanya untuk melakukan motret landscape.  Lokasi yang dituju pun bukan lokasi biasa.  Jadi engga ada lokasi kayak Istana Tampak Siring atau jejeran pantai putih bersih.

Lokasi landscape pertama adalah danau Tamblingan.  Sekalian motret "kehidupan manusia".  Landscape nya terhitung gagal.  Tak menemukan matahari merah oranye biru ceria.  Namun tak apa.  Namanya motret landscape yaa kayak gitu.  Kadang dapat bagus, kadang dapat sembelep memble.  Nikmati aja prosesnya biar tidak kecewa.


Kali ini, setelah motret star trails di desa Pinggan, kami melanjutkan memotret landscape di daerah taman bermain para tukang foto.  Salah satu desa terpencil dan berada di lokasi ketinggian.  Itungannya masuk daerah Kintamani.

Melihat ketinggian dan spot yang akan difoto, enaknya bawa 2 kamera.  Satu dipasang lensa wide dan satu dipasang lensa tele.  Bawa dua biar engga repot-repot ganti lensa gitu lhoo.  Kalau punya satu kamera, rajin-rajinlah gonta-ganti lensa.


Lensa tele berguna banget kalau pengen lihat detail daerah di bawah.  Memotret halus alunan kabut tebal dibawah.  Atau merambah detail pegunungan.  Oh ya, Gunung Batur akan jadi master piece.  Gunung yang merupakan ibu dari gunung Agung (denger-denger sih).

Koq landscape pake tele ?  Pakemnya kan lensa wide biar bisa nangkep semua ?  Balik lagi ke masalah selera.  Sah-sah aja motret pake lensa apapun.  Paling penting adalah "rasa" broo... "Rasa!".  Jadi motret lah dengan rasa kamu, kesukaan menurut kamu.  Biar bisa membawa "rasa" bahagia buat kamuh... cieee..


Kecuali kalau kamu moto buat orang lain, usahakan pake pakem fotografi dan kesukaan client kamu.

Selama motret di desa Pinggan, aku engga nemuin kabut cantik bergelombang.  Hanya kabut tipis.  Lagian cuma lensa wide yang aku bawa.  Engga apa-apalah.  Bisa moto dari beberapa posisi dan engga di tempat biasanya para tukang foto memotret doang.  Bagus engga nya, yaa terserah kamu.  Kalau aku sih merasa "Iyes" aja.


Jika kamu berencana untuk memotret landscape, ada baiknya untuk mempelajari spot berdasarkan image yang ada di internet.  Kemudian carilah spot yang menurut kamu engga ada.  Biar beda dikit dengan foto sejuta umat yang ada di internet.

Cukup kan moto landscape ya ? Hmmm... kurang banyak !!!


No comments:

Post a Comment