Wednesday, July 25, 2018

Aja Nangis Kanggo Inyong, Purwokerto #Jilid Telu

#Ketemu_Kanca_Lawas

Nyampe depan Unsoed.  Ambil foto dari depan dan kemudian berjalan menuju pintu gerbang kampus.  Sama mas security, aku ijin masuk untuk moto patung,  Niat bener yaa moto patung hehehe.  Anganku pengen moto patung dengan latar belakang biru indah.  Atau muncul warna kuning oranye semleret.



Tapi pagi ini masih hitam kelam.  Masih terlalu pagi.  Sepertinya impianku belum terlaksana, karena seorang teman sudah menelepon dan pengen nyusul.  Udah pengen ketemu.  Ya udah, segera aja aku moto-moto seadanya.

Nembe moto-moto sedelat, lhaa saka pinggir jalan wis ana sing nyeluk-nyeluk. "Luuut", berulang kali.  Banter pisan.  Padahal inyong nang jero taman cedak patung.  Wis tak bales tapi masih diceluki baen.  "Inyong nang patuuuuung".


Akhirnya kancaku yang asli Tasik mengarahkan motor ke pintu gerbang kampus.  Remang kegelapan masih menyeruak.  Kulihat dia menaiki motor bersama anak kecil.  Perawakannya sudah berubah.  Rada gemuk dibanding jaman kuliah.  Kumis tebal menghiasi senyum bibirnya.

Kita berpelukanlah.  Tak terasa.  Puluhan tahun tak bersua dan bisa bertemu lagi.  Teman yang pernah adu urat yang jago volley udah didepan mata.  Bayanganku melayang ketika kost bareng, nyuci baju bareng di sumur, glewehan terus sewot-sewotan.  Aahhh... masa lalu.

Temanku membaawa anaknya yang sedang mengikuti audisi bulutangkis.  Anak belasan tahun yang hobby bulutangkis.  "Iyeu rerencangan bapak", begitu kata bapaknya.  aah putaran dunia.  Allah SWT memang telah mengatur.  Entah kapan saja kita bisa membuka kenangan lama.


Segera saja aku minta foto bareng.  "Nanti aja, gelap", katanya.  Sekarang aja. Ditembok security biar jelas.  Pokoknya sutralah.. yang penting punya foto duluan daripada kelupaan.  Akhirnya temanku mau.

Kemudian kami berboncengan naik motor keliling kampus.  Ngeliat kampus FE Unsoed yang sudah berubah semakin molek.  Mau ambil foto tapi suasana masih remang-remang.  Akhirnya kami keluar kampus.

Sempet kepikiran mau liat-liat suasana kost jaman dulu, namun temanku mengusulkan untuk sarapan dulu.  Ajakannya adalah makan nasi Padang.  Huaduuuh.. terlalu berat bagiku, kang.  Pengenku nyari dage sama kopi di rumah teman.  Namun tak kunjung dibaca WA ku.

Akhirnya kami meluncur ke arah Limas Agung.  Menemukan penjual sarapan yang ramai dikunjungi orang.  Entah apa namanya.  Kayak kupat ditambah daging.  Entahlah... kami makan saja.  Lumayan untuk ganjel perut.


Emang rada susah sih kalau sudah tua.  Sarapan aja males-malesan.  Aku cuma mikir supaya anak temanku bisa sarapan karena dia harus bertanding.

Sambil menikmati sarapan, ndilalah... qodarulloh... teman yang sejak sepagian dikontak nongol.  Pas lewat depan angkringan.  Akhirnya ketemu juga.  Beliau bilang ada kakaknya dari Yogya.  Ya sudah, kapan-kapan aku mampir deh.


Usai sarapan, langsung geblas lagi ke Unsoed.  Masih penasaran rupanya temanku ini.  Masuk lagi ke fakultas ekonomi.  Menelusuri ruangan yang terkunci.  Mengingat saat-saat indah, membosankan, menakutkan, membuat emosi dan semua perasaan deh di kampus.  Jaman dulu kayaknya kuliah tuh susah bener.  Engga kayak sekarang kali yak.

Abis dari kampus, aku ajak muter ke kost legend tempat kita pertama kali nge-kost.  Kost yang terletak di jalan Mangga itu pernah dihuni oleh para pejabat Kemenkeu jaman kini.  Kami meluncur menggunakan motor.


Saat sudah berada didepan kost,  Kost yang dulu bersih rapi, sekarang sudah berubah total.  Terkesan menjadi kumuh.  Penghuninya pun sudah berubah.  Bukan mahasiswa yang nge-kost.  Tapi penjual siomay dan gorengan.

Aku cuma rada bengong sitik.  Masuk pelan-pelan, melihat-lihat eks kamar kami.  Melihat eks kamar teman kami.  Tak lupa melihat blumbang lele yang sumber proteinnya dari tempat air kami.  Duh udah berubah sama sekali.  Kotor.

Kami melewati tempat nonton TV Hitam Putih.  Pernah protes sih kepada empunya kost biar ganti TV Berwarna.  Tapi apa jawaban pemilik kost ?  Ini TV Berwarna tapi sudah luntur.  Gitu..

Abis dari kost pertama, aku ajak ke tempat kost ku yang kedua.  Rada kedalam dan masuk ke gang Nangka.  Duh, kost masih gagah.  Tembok kerasnya masih berdiri kokoh.  Tapi koq jadi warna pink ya ?  Ternyata udah ganti jadi kost putri.

Penduduk asli sekitar sudah menghilang semua.  Berganti penduduk baru.  Tempat kami nonton bola di TV udah berubah.  Katanya pada pindah ke pinggiran lagi.  Namun aku sempet ketemu penduduk yang masih ada disitu.  Rupanya dia lupa, namun mulai inget dengan para penghuni kost setelah cerita-cerita masa lalu.

Sempet mampir ke warung nasi langganan, dimana semua gosip mahasiswa berada.  Tak kujumpai sang pemilik warung.  Ternyata sudah wafat.  Hanya ada istrinya dan sudah tidak berjualan lagi.  Hanya mengelola kantin disuatu tempat.  Alhamdulillah dia masih inget sama pelanggannya yang imut ini hehehe.

Berhubung sudah siang dan temanku akan membawa anaknya bertanding, pergilah kami ke rumah temanku di daerah Sumampir.  Teman lama yang sudah aku cari-cari dan sempat kontak sebentar via fesbuk.


Begitu sampai, turun dari motor dan masuk via pintu belakang dan tadaaaa.... akhirnya aku ketemu konco lawas.  Konco yang ngajari aku dagang.  Melihat dia berkarya seni jaman dulu.  Alhamdulillah, kesampain apa yang aku harapkan.  Bisa silaturahmi ke konco lawas.  Glewehan maning, nge-gosip maning sambil nyruput kopi dan menikmati mendoan serta dage hangat.

Aih.. pren... Inilah salah satu kenikmatan dunia.  Aku berhasil merengkuhnya.  Alhamdulillah.



No comments:

Post a Comment