Tuesday, July 17, 2018

Kembalikan Bali Padaku #7

#Episode Pantai Perancak

Setelah digigit dinginnya malam yang mengemeretakkan tulang, merasakan hangat sunrise dan ditutup hangatnya kopi Bali, lalu.. mau kemana lagi kita ?




Suasanan magis star trails dan lembutnya mentari saat sunrise benar-benar menyadarkan aku.  Landscape harus dipersiapkan dengan baik dan benar.  Lah ? Apakah gagal memeluk bintang dan merayu mentari ?

Bagiku, masih keitung gagal, kawan.  Aku tak bisa mempersiapkan diri dengan baik.  Ini nih catatan yang kudu aku perbaiki kalau kelak moto landscape lagi :
1.  Bawalah selalu kamera
2.  Bawalah tripod serepot apapun kehidupanmu
3.  Bawalah SD Card sebanyak mungkin
4.  Bawalah batre cadangan
5.  Bawalah remote shutter atau cable shutter.  Gunanya buat mencet shutter kamera tanpa goyang
6.  Bawa filter ND, GND dan CPL.
8.  Setting tipe file yang diambil adalah RAW.
9.  Kalau ada yang kurang ntar aku update lagi

Kesalahan ku di Tamblingan maupun Pinggan adalah tidak menggunakan filter.  Filter meneduhkan panas sinar matahari.  Jadi sinar kuning akan adem.  Kayak kacamata item gitu lho.  Terlihat pada saat kamera menantang matahari. Kita bisa mengambil beberapa detik atau bahkan menit bila menggunakan filter kelam.


Filter ada yang kotak dan ada yang bundar.  Ada tipe dan aturannya.  ND untuk yang satu warna.  Mulai dari rada terang sampe warna gelap.  Biasanya dipake saat cahaya matahari cukup terang.  Misal pengen narik-narik awan atau merekam pergerakan awan siang bolong.  Pasti butuh filter ND.  Maksud narik awan ini adalah foto diambil beberapa menit sehingga pergerakan awan terlihat seperti ditarik-tarik.

Kalau mau ambil pagi sebelum sunrise atau pada saat matahari tenggelam, butuh filter GND.  Kenapa GND ? Karena GND itu filter separo-paro.  Artinya separo warna gelap dan separo warna bening.  Warna gelap untuk melembutkan matahari dan yang terang untuk membiarkan warna landscape atau tanahnya.  Akan ada itung-itungannya agar bisa seimbang berapa menit yang akan dipake untuk moto.


Kalau CPL digunakan untuk mengambil supaya awan terlihat berdimensi atau menahan terpaan matahari di air.  Jadi air bisa kelihatan dasarnya kalau kita foto.  Ini air jernih lho yaa... bukan air butek di Jakarta hehehe..

Kebanyakan ngecap tulisan ini yaa...  Engga apa-apa yaa.. biar lebih bersiap-siap kalau motret lagi.  Apalagi kalau kamu jatuh cinta sama landscape.  Ubo rampe peralatan bisa dipelajari terus menerus biar hapal.  Jepret terus tanpa henti sampai kamu terbiasa.


Lha terus ? Mana foto pantai Perancak ?  Ada tapi tidak banyak.  Aku engga siap fisik maupun batin.  Jadinya kayak kehilangan gitu.  Padahal pantai Perancak di Jembrana ini keren.  Banyak perahu kayu dengan hiasan unik bertebaran di pelabuhan.  Tapi sudahlah.. sedapatnya aja.

Foto-foto diambil saat sunset dan sunrise.  Sunset dapat mendung hitam kelam dan Sunrise dapat langit flat abu-abu.  Matahari nongol saat pagi.  Nongol bentar dan aku bukan pada posisi yang tepat.  Kalau udah gini, kamu bisa siasati foto landscape mu dengan warna hitam putih hehehe.


Salahnya aku adalah tidak mengikuti operator yang udah paham bener posisi spot di Perancak.  Aku malah jalan-jalan jauh menyusuri pantai.  Pas matahari telor ceplok nongol, tadaaaa... aku engga bisa ngapa-ngapain heheheh


Kalau dilihat disini, warna cukup kelam dan meratap sedih.  Kalau kamu ambil dalam mode RAW untuk tipe filenya, kamu bisa edit se-joss mungkin menurut versi kamu.  Bisa dibikin menggila dengan tools photoshop.  Bisa juga dibuat sederhana dengan tools LightRoom.  Atau kamu Snapseed kan saja pada mobile phone yang pinter.

Tapi akuh.. hanya pengen jujur dan apa adanya ajah sama kamuh.. lope..lopeee..

No comments:

Post a Comment