Wednesday, July 25, 2018

Aja Nangis Kanggo Inyong, Purwokerto #Jilid Siji

#Mlaku_Nyepur_Saka_Stasiun_Senen

Entahlah... setelah asyik masyuk dengan group WA alumni kampus.  Kemudian menemukan jejak ada beberapa teman yang ke Purwokerto untuk beberapa keperluan.  Munculah lagu mellow mendayu untuk menuju kesana.  Kota dengan banyak pernak-pernik kenangan yang selalu memanggilku untuk pulang.



Ndilalah, pas Jumatan, mendapatkan khotib yang gaya suara dan mimik wajahnya mirip banget dengan khotib legend di masjid kampung Grendeng.  Apakah ini panggilan untuk pulang ?

Tanpa ba bi bu, Sabtu pagi langsung beli tiket KA Ekonomi malam.  Mulanya sih pengen bareng teman yang pulang tanggal 27,  namun desakan pulang berasa sudah akut.  Jadi aku beli tiket duluan.  Maafkan daku wahai kawan.


Seperti biasa, kalau mau berangkat mlaku, selalu kepikiran mau bawa kamera apa dan lengkap apa engga.  Penyakit nih, pengen bawa semuanya.  Namun, langsung di-cut sama bojo.  Cukup bawa seperlunya aja.  Paling kagak dipake.

Jadilah aku cuma bawa nikon D7000 dengan lensa 55-200.  Ssstt padahal sebenernya mau bawa lensa wide untuk motret sawah di gunung Slamet.  Tapi sudahlah.. cukup bawa tas simpel aja.

Perjalanan dimulai dengan ngojek dari rumah ke stasiun Senen.  Kemudian nunggu kereta ekonomi malam.  Hmmm.. Stasiun Senen sudah berubah.  Lebih bagus dan teratur.  Tak kujumpai warung soto langganan jaman dulu.  Berganti dengan warung-warung modern.


Aku jalan solo nih.  Alone. Sendirian..  Kalau lagi bernostagila, enaknya emang jalan sendirian.  Bisa bebas lepas engga perlu ngatur waktu.  Juga engga akan ada wajah-wajah cemberut kalau kita lagi melakukan perjalanan yang mungkin membosankan bagi yang lain.

Malam itu penumpang cukup banyak.  Sebagian duduk-duduk di lantai.  Kelihatan engga rapih sih, tapi gimana lagi ya.  Kursi kurang banyak diluar.  Aku pun ikut duduk nglekar nyantai.  Kuhabiskan waktu dengan santai.


Setelah boarding dan mulai masuk ke bagian dalam stasiun, langsung aja membuncah kenangan saat menjadi roker.  Lho pernah jadi roker ? penyanyi jingkrak-jingkrak itu ?  Bukan kawan, aku adalah anggota ROmbongan KEReta dari klan Semarang.

Biasanya kumpul dulu bagi-bagi tiket yang dipesan dan biasanya dapat satu gerbong full cah Semarangan dan sekitarnya.  Itu setiap Jumat malam arus bolak-balik terjadi.

Kereta rada telat datang.  Entah kenapa sebabnya.  Tak taulah aku.  Tapi tak apalah.  Lhaa wong mlaku-mlaku santai wae koq.  Sing penting ana sepur mbokan hehehe

Aku menaiki gerbong ekonomi premium.  Baru pertama kali naik nih.  Gerbong cukup bagus,  kursi engga 90 derajat dan bisa dinaik turunkan.  Cukup nyaman untuk tidur.  Modelnya satu baris untuk dua kursi.  Bisa angler turu kiyeh.


Teman sebangku ku adalah mahasiswa UGM.  Katanya dia lebih suka naik kereta ini karena pas dengan apa yang dia butuhkan.  Berangkat bisa malam dan nyampe pagi di Yogyakarta.  Murah meriah dan nyaman untuk tidur.

Waah.. mahasiswa masa kini.  Jaman inyong mahasiswa, numpak sepur kuwi duduk didepan pintu.  Iyaa di pintu gerbong.  Bisa engga kebagian tempat duduk atau memberikan tempat duduk untuk penumpang yang lebih sepuh.

Setelah atur tempat duduk nyaman, set alarm perkiraan datang dan siap-siap tidurlah.  Oh ya, alarm kudu diset karena bisa aja kamu terlelap dan bablas kebawa sampe Solo.  Maklum aja, aku naik ekonomi dan dikhawatirkan tidak ada yang membangunkan pas nyampe Purwokerto.

#Oh ya.. jepret pake HP aja nih.


No comments:

Post a Comment