Monday, December 31, 2018

Motret Cityscape di Jakarta Menjelang Akhir Tahun 2018

Setelah berbulan-bulan tidak melakukan urusan serius untuk motret, akhirnya pada tanggal 30 Desember 2018 datang juga momennya.  Genre yang nongol akhir tahun ini adalah motret gedung-gedung perkotaan alias cityscapes.




Pada dasarnya, untuk motret perkotaan, perlu diperhatikan beberapa hal.  Kira-kira begini :

  • Pastikan posisi motret.  Dari atas atau bawah.  Tentu aku memilih dari atas.  Bisa liat bangunan secara semlohe.
  • Pastikan jam motretnya.  Aku sih cenderung lebih memilih sore menjelang malam.  Ketemu langit mabuk dan blue hour.
  • Pastikan memperhatikan keselamatan.  Kalau dari bawah, hati-hati ama security dan kondisi lalu lintas.  Kalau dari atas, jelas lah kudu bener-bener menjaga safety.  Bahaya bray.
  • Pastikan sudah dapat ijin dari penguasa gedung (kalau dari atas).
  • Bawa lensa lebar dan tele.  Bawa juga filter ND atau yang gradasi buat mensiasati matahari.  Jangan lupakan juga tripod.  Cari tripod yang kuat dan tinggi.  Serta tripod unyil.
  • Kagak boleh lupa bawa shutter release.  Mau remote atau cable yaa bebas.  Biar kamera kagak goyang dombret pas mencet.
  • Jangan mabuk angin.  Kalau diatas banyak angin.  Bawa perbekalan yang diijinkan.
Nah kalau udah siap, capcussss mengikuti sang EO :)

Kali ini motret dari Gedung Veteran, Jakarta.  Niat bener pengen moto bunderan baru.  Walau aku tau pasti lensaku kuran lebar.  Nekat seadanya aja dah.  Mau bawa lensa tele rada males.  Males gonta-ganti lensa saat waktu pendek langit cetar.  Baiknya bawa dua kamera.  Biar bisa genit potret sana potret sini.

Tapi sebenernya... tujuan terbesar moto adalah mencari gambar-gambar bagus buat web bisnis hehehe...  Entar tengok aja di Lutar.ID pada tanggal 1 Januari 2019 ya broooh...

Tujuan kedua, ketemu teman-teman moto yang sudah lama tak bersua.  Apalagi denger-denger, dulur lanang, teman kuliah jaman dulu juga mau ikutan.  Sepertinya seru bukan ?

Tujuan ketiga,  untuk memenuhi nafsu angkara murka yang terpendam begitu lama.  Lama pake biangeeet kagak moto, pren.  Untungnya nyonya besar berkenan dan menyisihkan bantuan untuk membayar urusan motret.


Sampai lokasi, sempet bengong dan ngopi.  Abis itu naik ke lantai 15.  Disana ada beberapa teman yang sudah siap.  Tinggal nunggu juragan EO datang dan bisa naik.  Ya yaaa... untuk menuju rooftop memang kudu siap dengkul.  Entah dua atau tiga lantai dengkul tua ini terseok-seok naik.

Terus begitu sampai, langsung ambil posisi strategis.  Nyoba setting bentar.  Posisi dari atas bundaran, kagak dapet.  Lensa kurang lebar dan tripod kagak nyampe.  Duh... itu pentingnya punya tripod yang panjang dan kokoh.  Ya sutralah... the show must go on.

Kebanyakan aku motret pake slow speed sih... antara 1.5 detik sampai 30 an detik.  Tentu saja motretnya pake shutter release.  Mode yang dipilih M (manual) sama A (Aperture, kalau kagak salah).

Selesai setting, clingak-clinguk dan nemu teman baru.  Hahahihi dengan teman baru dan... Kagak lama, temen-temen lama nongol.  Ya udah ngobrol ngalor ngidul nunggu matahari siap difoto.

Pas matahari udah siap difoto, tetiba terjebak dalam sindroma memilih lokasi.  Mana duluuuu yang pengen dipotret ?


Posisi matahari jatuh pada arah jalan Sudirman arah GBK.  Jadi posisi "Polda" kemungkinan besar akan lebih bagus.  Tapi niat si nafsu pengennya moto bunderan Semanggi.  Padahal alat kagak nyampe.  Wharakadaaahhh... nafsu atau kenyataan ?

Akhirnya... posisi Polda lah yang menjadi pilihan.  Jebrat jebret dengan slow speed.  Nangis bombay ketika kagak punya GND alias Gradient Natural Density.  Sedih si HP kagak bisa maksimal di low light.

Tapi... cukuplah... matahari berikut langit sangat cetar membahana.  MasyaAllah... keren banget.  Kagak rugi nongkrong melihat keindahan alam serta mengabadikannya.  Walau diserang angin besar yang bikin masuk angin.  Alhamdulillah...


Oh yaa.. foto-foto pada blog kali ini murni menggunakan HP.  Terus foto-foto diedit sesukanya menggunakan Snapseed Mobile.  Koq diedit ?  Kenapa engga aslinya aja ?  Biar pasang #NoEdit #NoFilter atau No.. No..

Suka-suka aja sih.. karena motret kan urusan kamu pribadi.  Mau edit gila maupun edit slow alus atau engga ngedit.. ya silahkan memilih.

Oh yaa (lagi).., Foto dikamera masih ngejogrok dan malas untuk didownload ke laptop.  Ntarsok aje.

Selamat menikmati :)







No comments:

Post a Comment