Thursday, December 6, 2018

Menyongsong Kehidupan Pada Pantai Karangsong, Indramayu

Panggilan halus angin pantai selalu menggebu.  Keinginan melihat debur ombak menghantam karang selalu menyesakkan jiwa.  Alunan nyanyian ombak yang berdebam di pantai seolah menenangkan jiwa.

Begitulah badan wadag aku bereaksi ketika bau air laut dan hembusan angin pantai menerpa.  Begitu pula panas dingin rindu dendam menggampar wajah ketika berada di kota Indramayu.  Seolah-olah pantai Indramayu merayu jiwa.




Beberapa tahun yang lalu, aku pernah melihat keindahan foto pantai Indramayu.  Inget lhoo... keindahan foto.  Bukan keindahan mata wadag.  Begitu indah dengan telor ceplok saat menandai hari.
Belum lagi dengan kehidupan pembuat topeng dan penari tradisional yang khas berwajah Indramayu,

Yaa.. pokoke aniwei baswey... pengen banget moto dah.

Ketika berkunjung ke Indramayu, sebenernya aku cuma bawa kamera dan lensa sejuta umat.  Lensa panjang untuk mainan zoom.  Kagak bawa lensa lebar karena engga ada kepikiran mau bercumbu dengan alam.


Namun niat ingsun madhep manthep moto,  cap cusss jalan ke pantai Karangsong.  Kenapa pantai ini yang dipilih ?  Karena disini ada hutan mangrove dan pantai.  Jadi ada beberapa obyek yang mungkin sesuai dengan lensa sejuta umat.

Foto mempesona yang sering aku lihat adalah saat sunrise.  Namun aku pada posisi paling banter liat sunset.  Ya udah nekat aja.  Mainin aja brow.

Segera pesan ojek online.   Posisi pantai tak terlalu jauh dari kota Indramayu.  Cusss... ngebut santai sambil ngobrol ngalor-ngidul di atas motor.

Sepanjang jalan menuju ke pantai Karangsong, sang ojek cerita tentang makanan khas yang terkenal sampai Jakarta sampai kehidupan nelayan, pelelangan ikan dan pembuatan kapal.

Oiiyyyy... aku melihatnyaaa... para nelayan hitam legam sedang membetulkan jaring.  Para lelaki sibuk membawa ikan dari kapal ke dermaga.  Duuuh aduuuuhhhhh.... mabok frame dah.  Pengen banget turun dan moto-moto.  Kayaknya lebih menarik obyek motonya dibanding di pantai Karangsong.


Pikiran kacau nanmun tak ada keberanian kawan.  Rasanya kagak enak main jeprat jeprit moto dengan obyek orang.  Saru kalau tanpa ijin gitu.  Ya sudahlah... langsung ke pantai aja (pembenaran diri yang cemen).

Setibanya di pantai.  Bayar dulu bray.  Lima rebu untuk masuk.  Kemudian ada pilihan, naik kapal nelayan ke hutan mangrove atau ke pantai.  Kali ini aku mau ke mangrove dulu.  Bayar lima belas ribu dan naik kapal.

Ternyata oh ternyata... kapal cuma membawa ke hutan mangrove.  Aku pikir mau keliling... ehh kita disuruh jalan kaki memutari hutan mangrove.  Okelah.. jalan kaki diatas jalan buatan, masuk ke hutan mangrove yang cukup lebat dan tentu sajaa... disambut nyamuk rawa yang beeeuhhhh... selalu pake ciuman maut yang bikin tanda merah... eh tanda bengkak dulll...


Jangan lupa waktunya yaa... hutan mangrove tutup jam 17.00.  Kapal akan datang lagi dan menjemput pulang.

Sebenarnya... hutan mangrove cukup menarik bagi para peneliti atau mahasiswa kelautan.  Banyak melihat keanekaragaman hayati yang bisa diteliti.  Burung-burung yang bersarang, mungkin juga ada biawak atau ikan-ikan yang tidak boleh dipancing dalam rawa-rawa.   Oh yaaa... tentu saja nyamuk rawanya... astalavistaaaa beybeeehhh...  mereka mengeroyokku dengan rakus !

Fasilitas didalamnya cukup oke.  Cocok untuk pacaran dengan istri.  Inget... dengan istri lhooo...  Bisa jalan-jalan santai sambil apalah.. apalah.  Mau main ayunan juga ada.  Mau nampang di depan logo raksasa juga bisa.  Mau naik menara pandang juga tersedia.   Semua ada... berikut nyamuk tentunya hahahha... (ada dendam yang membara terhadap nyamuk).


Puas keliling-keliling... balik lagi naik kapal.  Terus jalan ke pantai.  Yaaa.. disana aku menemukan lokasi sunrise indah yang diambil teman-temanku dulu.  Lokasi sederhana namun telor ceploknya bikin makjleeeeb...


Pantai ini bisa dipakai mainan aer oleh anak-anak.  Ada penyewaan ban atau pelampung, pasir coklat khas pantai utara pulau Jawa bahkan disediakan kamar bilas dan toilet.   Tak lupa jejeran warung makanan yang bisa sambangi kala lapar.

Kira-kira begitulah perjalanan singkat.  Patut dihargai bahwa hutan mangrove dirawat dengan benar.  Selain untuk melindungi pantai, pantai ini dijadikan tempat wisata yang cukup memadai bagi keluarga.  Walau penuh nyamuk tentunya (Dendam!!!).

No comments:

Post a Comment