Saturday, October 6, 2018

Pangalengan, mimpi tak tersentuh

Beredar meme tentang aliran penikmat mie instan di internet.  Mulai konservatif sampai sarkasme.  Lucu juga ya mie instan sampe mempengaruhi pola pikir.  Padahal kan cukup dinikmati saja.  Tapi bukan urusan mie instan yang akan dibahas.  Ini urusan motret.

Kala pikiran judeg dan otak sudah kemebul,  maka yang aku lakukan adalah mencari spot foto yang diinginkan.  Kali ini pengen motret di Pangalengan.  Daerah pegunungan dekat dengan Bandung.  Konon hawanya sejuk dan nyaman.  Cocoklah buat otak jadi adem.

Kami berangkat dengan menggunakan mobil elf.  Jalan mulai habis subuh dari hotel seputaran Semanggi.  Menuju kearah Bandung.  Tentu saja aku terlelap dan terbangun ketika kendaraan sudah mencapai lokasi penginapan.  Nah lokasi penginapan ini yang diingatkan oleh meme internet.  Milik perusahaan mie instan.  Sehingga jadilah tulisan ini.


Jalanan ke Pangalengan cukup berliku.  Naik turun dan terus menanjak.  Melewati kebun teh dan perbukitan yang sepi.  Terus naik dan naik sampai aku tak tau lagi berada dimana.  In the middle of somewhere gitu deh.

Namun jelas sekali kami melewati perbukitan, perkebunan teh, perumahan dan pabrik teh.  Rupanya dari sinilah teh-teh Indonesia menyebar ke seluruh dunia.

Sesampai di penginapan, segera kami menikmati makan siang yang menggiurkan.  Makanan khas sunda dengan sambal aduhai.  Terasa seperti mengalami kenikmatan untuk perut.  Tak lupa diguyur kopi hangat dengan suasana dingin.  Nikmatnyooo..


Urusan perut kelar, segerap kami diajak ke kebun teh dan pabrik teh.  Kami berkesempatan memotret para pemetik teh dan ubo rampenya.  Setelah itu kami diajak tour of duty para pekerja pabrik.  Melihat proses produksi dan sempat mencicipi teh-teh yang diekspor.  Eeeehh... kami sempat mencicipi teh yang katanya bisa bikin greng lhoo...  dibuat dari pucuk hijau daun teh.

Sampai malam kami berada diseputaran pabrik.  Terus kami balik ke penginapan dan makan malam.  Abis itu tidur terlelap menikmati udara dingin.  Beeuhhh... molor all the way sampe subuh.


Paginya aku pikir ada era sunrise di Pangalengan.  Seperti foto-foto para photographer kesohor itu lhoo...  Rumah Belanda dengan sunrise atau perbukitan cakep dengan sunrise.  Ternyata kagak ada moto sunrise.  Duh aduuhhh... disuruh acara bebas dan males jalan sendiri.  Karena sebagian besar udah pada ngilang nyari spot sendiri.  Jadinya moto kembang dah.

Abis sarapan dan semua udah kumpul, jalan lagi menuju induk suangai Citarum.  Istilahnya Citarum Km 0.  Kami moto-moto disitu sampai agak siang.  Moto apa aja kala pagi.  Aku sendiri jadi engga jelas mau moto apa.  Karena harapan diawal hilang terbawa kabut Pangalengan.  Mimpi pengen moto spot sejuta umat di Pangalengan tidak terwujud.  Ya sudahlah... terima nasib.  Kudu mimpi lagi supaya kelak bisa moto enak.



Ternyata Citarum menjadi masalah akhir-akhir ini.  Banyak pabrik ketahuan pabrik membuang limbah.  Air bening menjadi air keruh.  Untungnya ada TNI yang ikut peduli.  Membersihkan.  Selamat buat TNI :)


Sepertinya Citarum masih nyaman untuk camping, jalan-jalan, lari-lari atau sepedaan.  Embungnya masih asri dan segar.  Sepagian ini kami melihat beberapa aktifitas.  Ada yang mancing juga.  Komplit dan lengkaplah.

Selesai acara Citarum, kami pulang ke Jakarta.  Kena insiden agak gede sih,  namum semua selamat sampai Jakarta.  Walau telat dari jadual dan keesokannya aku akan dimarahi dan disikat abis-abisan oleh PM.  Huuhhh...


No comments:

Post a Comment