Monday, October 1, 2018

Kagak bosen motret pake HP ?

Bermula dari rencana mau ke Cirebon.  Bermula pengen ngambil foto di pasar tradisional dan kampung pecinan yang katanya dibuat warna-warni.  Bermula pengen motret pasar klitikan secara umpet-umpetan.

Namun yang terjadi adalah... males bawa kamera dan jalan gitu aja ke Cirebon.  Mlaku nyantai dan kagak niat banget bawa kamera.  Ya wis lah... cuma HaPe yang akan dipake kalau kepengen moto.

Eeehh.. disini kagak akan dibahas kemalasanku bawa kamera lhoo..

Aku pengen nyoba moto pake HP dan modus auto.  Abis itu mau ngedit pake Snapseed sesuka hati.  Tulisan ini pun nongol gegara seorang teman bilang, lebih enak moto pake HP dan engga perlu berat-berat bawa DSLR atau Mirrorless.  Bisa bokeh sexy lagi katanya...

Hmm.. bisa jadi sih begitu.  Tapi aku masih percaya, lensa di HP masih belum secanggih dan sebagus lensa kamera biasa.  Sok tau ya hahaha...  walau mungkin beberapa merk HP sudah menggunakan lensa dari pabrikan lensa terkenal.

Baiklah... aku coba ambil beberapa jepretan dengan menggunakan HP.  Sebenernya di HP yang aku pake, selain ada mode auto alias tinggal jepret, ada juga mode pro.  Mode dimana bisa ngatur iso, diagframa dan lain-lain.

Tapi aku sendiri males pake mode pro.  Ngapain repot-repot.  Mending si HP yang mikir dan aku tinggal jepret.  Mungkin kalau ada kebutuhan khusus, mau juga sih pake mode pro.  Tapi saat ini, masih jauh-jauh dah.

Kalau mau lebih bagus menurut selera, mendingan pake software editing ajah.  Aku pake snapseed yang cukup gampang.  Mau dibuat editan otomatis atau ngoprek-ngoprek sendiri.  Cukup komplit buat berkreasi seenak jidat.

Kayak gambar bunga di atas tuh.  Edit aja pake snapseed dan utak atik lah sesuai selera.  Lihat gambar dibawah ini.  Banyak menu kayak nasi padang kan ?  Pilih sesuai selera.  Jangan takut warna atau jangan takut salah.  Kan kalau salah bisa dibatalin dan mulai lagi hehehe


Oh yaa aku ingetin lagi yaaa... hasil akhir foto adalah kesukaan dari si tukang poto dan editingnya.  Jadi bebas dan sah-sah aja.  Walau nabrak aturan fotografi.  Biarin aja deh.  Toh untuk kepentingan pribadi.

Kalau foto itu untuk dijual atau dilombakan atau untuk dikurasi pada sebuah lembaga tertentu, buatlah sesuai aturan.  Biar aman dan cocok dengan selera publik hehehe...

Ini contoh lagi.  Ngedit seenak jidat.  Sesuai dengan seleraku tapi belum tentu cocok dengan seleramu :)


Kalau sudah diedit dan kamu puas, tinggal simpan aja.  Simpan sesuai pilihan yang kamu inginkan.

Gampang banget kan ?  Moto, edit pake snapseed terus upload ke sosial media.. eehh.. kamu anak gahol sosial media kan ?  Bisa juga sih dijual ke model macam shutterstock kayak yang aku lakuin.  Bebaaas merdeka.


Coba tebak, pake model apa di snapseed untuk foto gaya ginian ?  Kamu pasti rada susah nebaknya.  Lha wong aku ngasal aja editnya.  Hampir semua model dicampur aduk disini hehehehe..

Pokoknya bebaskan aja dah motret dan ngeditnya..






No comments:

Post a Comment