Thursday, December 13, 2018

Nikmat Secangkir Kopi, Benarkah ?

Aura kopi bertebaran dimana-mana.  Mulai starling alias starbak keliling, warung kopi pinggir jalan sampai warung kopi kelas atas yang mewah dan megah.  Tentu saja dengan racikan beraneka rupa.  Sachet kah ? Kopi pabrik lokal kah ? Kopi kelas nasional kah ?  Kopi giling sendiri kah ? Kopi kelas internasional kah ? atau... segala macam cara untuk membuat racikan kopi yang paling okey.

Lho koq ?  Kenapa nulis tentang kopi ?  Ini kan blog tentang jalan-jalan dan moto-moto.  Bukan ngopi-ngopi lhoo...
Kamu memang benar.  Namun, tak ada salahnya aku nulis ini bukan ?  Berhubung aku suka motret secangkir kopi.  Entah dimanapun tempatnya.  Hmm.. semacam pembenaran dari hobby ngopi dan nulis di blog sih.

Ngopi bukan merupakan kebiasaan keluarga saat aku masih kecil.  Jarang sekali melihat ayah minum kopi.  Jadi tak ada dalam memori tentang kenikmatan kopi.  Berlalu begitu saja.


Istilah ngopi mulai dikenal saat kuliah di lereng gunung Slamet, Purwokerto.  Kebiasaan teman-teman kost yang membikin aneka minuman kesukaan saat menjelang sore.  Mulai kopi, teh sampai minuman bersoda.  Rehat sejenak bagi pejuang kampus.  Setelah lelah menuntut ilmu.  Eeeh.. aku bukan termasuk golongan pejuang kampus lho.

Mungkin kalau jaman dulu internet sudah kencang dan ada sosmed,  udah ratusan kopi yang aku upload.  Untungnya jaman itu kagak ada internet.  Jadinya yaa ngopi sambil mandangin jalanan tempat lalu lalang warga menuju ke sungai.

Ngomongin ngopi apa yang enak, pasti sangat subyektif sekali.  Intinya... kecapan lidah masing-masinglah yang paling menentukan.  Mau model kopi gaya aceh, medan, padang, maluku, jawa atau bahkan sampai papua.  Mau model ditarik-tarik, dilelet, ditubruk atau digiling mesin modern juga bebas-bebas aja.  Bahkan mau kopi sachet murahan sampai mengolah dari biji kopi mahal pun kagak apa-apa.  Masing-masing punya rasa sendiri dan disuka oleh masing-masing penggemarnya.


Kopi enak menurut versiku adalah bagaimana kopi bisa menjadi teman saat ngobrol gayeng dengan teman bicara.  Bukan bikin kopi terus bengong sambil memandangi layar HP.

Salah satu atau beberapa yang terekam otak adalah ketika menikmati kopi areng joss pak Man dekat stasiun Yogya.  Dimana aku bisa ngobrol dengan teman dan bahkan kenalan baru sambil ngopi.  Tentu saja tanpa sadar sambil menghabiskan gorengan beberapa buah.  Nikmatnya sampai ke ubun-ubun.


Tak kalah seru adalah ngopi di lereng gunung Slamet.  Udara sangat dingin, habis makan jengkol plus sambel trasi pedas dan diakhiri ngopi tumbukan sendiri yang kadang dicampur jagung atau beras.  Ngobrol gayeng sampai kopi tandas tinggal ampas.

Lalu bagaimana dengan warkop modern ?  Yaa... yaa... akan bahagia juga ngopi disitu kalau ditutup dengan deal proyek yang bisa membuat aku jalan-jalan moto sesuka hati.  Lhoooo...


Oleh karena itu.  Nikmatilah kopimu.  Entah pagi atau sore.  Entah dua cangkir atau lebih.  Entah sachet atau kopi bener.  Nikmati dengan jiwa terbuka.



No comments:

Post a Comment