Saturday, May 25, 2019

Mengiras di negeri Lare Osing

Beberapa bulan lalu, aku sempat mengunjungi Banyuwangi.  Kota diujung pulau Jawa yang bertetangga dengan pulau Bali.  Konon lare osing adalah penduduk asli Banyuwangi.  Rada beda dengan orang Bali atau orang Jawa bagian tengah sekalipun.


Biarlah sejarah dibahas orang lain.  Aku hanya membahas urusan perut saja.  Lebih sederhana bukan ?



Begitu dok.. nyampe, check in hotel, aku langsung mengajak trainer yang menemaniku dalam bisnis trip ini langsung hajar kuliner pertama.  Tentu saja kuliner harus diutamakan karena kita belum makan siang.  Lafaaarr kan meeeen...



Gak asik rasanya kalau makan pada suatu daerah diisi dengan makanan biasa.  Kudu makanan khas daerah tersebut dong.  Nekat aja browsing sebentar dan ketemu tempat makan siang.  Didapatlah sega tempong mbok Nah.  Tanpa bak bik buk... segera pesan Ojek Online (bersyukurlah sudah ada ojek online).

Tapi ehh tapiii... sang driver malah menyarankan ke tempat lain.  Tempat yang lebih modern katanya.  Tapi berhubung kata netizen, mbok Nah adalah cikal bakal dan khas daerah Banyuwangi.  Mantap aja dah dengan tujuan awal heheheh..



Sesampai disana, segera pesan.  Pada dasarnya kayak warteg aja sih.  cuma bedanya dengan menu-menu gorengan yang menggiurkan.  Belum lagi sambalnya.  Alaamaaakkk... bikin air liur menetes.  Konon sambal Banyuwangi dibuat dengan menggunakan tomat khusus.  Tidak ada di daerah lain selain hanya ada di Banyuwangi.   Sedep kucur-kucur keringet dah broo kalau makan dengan cowelan sambelnya.

Malamnya... aku pergi sendiri berdasar jejak internet.  Malah nemu warung makan khas Solo.  Ya sudahlah... sikat aja karena kepepet sudah malam.  Sekalian mbungkusin buat sang trainer yang sedang sibuk kayaknya.

Kalau pagi, terpaksa mengikuti gaya sarapan khas Hotel.  Sempat juga mencicipi masakan khas Banyuwangi yang dimasak oleh chef hotel.  Sangat lumayan deh.  Nah kalau siang, aku ngelayap ke warung-warung sekitar hotel.  Cukup untuk mengisi dahaga akan kuliner Banyuwangi.

Nah pada suatu malam,  sang customer mengajak mengunjungi warung osing.  Pucuk dicinta ulam tiba, bukan ?  Ngopilah di warkop khas Banyuwangi dan menikmati makanan khas disana.  Puas dah.  Ngobrol ngalor ngidul sambil nyemil dan makan besar.  Kopi janganlah kau lupakan.




Sayangnya.. rencana ngopi di Ijen gagal total, karena hujan turun dan engga asik kalau kedinginan di Ijen.

Yen tak pikir-pikir,  makanan Banyuwangi itu khas campuran menu.  Kayak Pecel rawon,  Namun campurannya bisa pas dan enak.  Bikin lidah terbengong aneh dan penuh kejutan.  Adanya ojek online mempermudah menjangkau lokasi kuliner.  Hanya perlu memperhatikan jam bukanya saja.  Mengenai harga ?  masih murah dibanding harga Jakarta, my men.  Kisaran dua puluh ribu udah cukup kenyang menikmati semua.

Cobain aja sendiri dah.  Yoo wisss... kapan-pakan bisa mampir lagi.



1 comment: