Thursday, June 13, 2019

Mudik, Apa yang kau cari ?

Tulisan ini hanyalah refleksi dari "ritual tahunan" yang baru aku alami.  Mudik alias pulang kampung.  Pulang ke rumah orang tua atau tanah leluhur atau tanah masa kecil.

Mudik memang hal unik.  Aku rasa hanya ada di Indonesia acara mudik begitu heboh, masif dan cukup runyam pelaksanaannya.  Mulai dari persiapan kendaraan atau angkutan, jalur mudik, infrastruktur, tempat rehat, modal mudik sampai ketika nyampe pada tujuan.  Rumit, ribet dan mungkin duit trilyunan berseliweran.



Belum lagi begitu sampai kampung halaman.   Berjumpa orang tua dan sanak famili yang mungkin setahun belum ketemu.  Berjumpa teman masa kecil atau teman sekolah.  Ketemu lagi sama sahabat dan musuh masa kecil.  Ketemu gadis taksiran masa lalu.  Kompilasi hubungan yang njelimet dan ruwet, bukan ?

Mari kita lihat persiapan sebelum mudik.  Mau naik apa ?  Motor, mobil, kereta, pesawat atau apa ?

Bagi orang-orang yang mudik tanpa perlu melompat ke pulau lain atau lebih tepatnya masih di pulau Jawa,  pilihan kendaraan bermotor atau mobil atau kereta menjadi alat transportasi utama.  Tentu setelah tiket pesawat semakin mahal.  Jangan khawatir masalah biaya.  Ada THR kan ?

Terlepas dari polemik pendukung 01 dan 02 yang selalu berseteru urusan pembangunan jalan tol sebagai infrastruktur,  memang asik kalau jalan tol lancar dan nyaman dilalui.  Kena macet ? yaa kemungkinan itu selalu ada.  Maklumlah, jutaan orang pulang kampung.  Cobalah lihat,  apakah perencanaan pemerintah semakin baik ?  Tugas pemerintahlah yang kudu membuat jalanan atau infrastruktur lancar.  Bukan tugas 01 atau 02.


Kuliner... ini yang selalu dicari pemudik saat dijalanan.  Kudu hati-hati bener.  Tidak setiap warung menyediakan harga wajar "menurut kita".  Bisa jadi harga melambung tak terkira.  Kudu nanya dulu sebelum beli.  Biar aman isi kantong.

Kalau udah nyampe rumah, puas-puasin dan layanilah orang tua.  Mungkin kamu setahunan baru bisa ketemu.  Nikmatilah kebersamaan tanpa ragu.  Disini salah satu nikmat mudik.  Terkadang kita bahkan melupakan HP dan koneksi internetnya.  Berlibur dari sosmed.

Ketemu teman lama ? Reuni ?  Ya pasti bolehlah...  ada juga sih tulisan yang bilang bahwa ketemu ortu cuma sebentar dan terus asik ketemu teman-teman lama mulai dari teman TK sampai perguruan tinggi.  Yaa atur-atur sendirilah... toh sudah pada dewasa, bukan ?


Pokoknya, nikmati saja arus mudik yang didukung pemerintah dengan kemudahan cuti bersama dan THR bagi semua karyawan.   Kalau engga dapat THR, ya nabunglah sejak dini biar bisa sejenak rehat di kampung.  Toh biasanya arus bisnis melesu... walau engga semua melesu sih.

Tetap semangat berlibur, silaturahmi dan memutarkan uang untuk warga daerah.  Abis itu, balik lagi, kerja lagi, nabung lagi, macet lagi dan entah apalagi sampai sisa umur habis.



2 comments: