Sunday, August 5, 2018

Jangan Malas Jadi Tukang Foto

Motret adalah hal yang menyenangkan bagi yang memiliki hobby motret.  Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, harus disesuaikan antara kondisi tempat moto dan alat-alat yang dipunya.  Jadi, persiapan selalu merupakan hal utama.



Nah saat mlaku nekad ke Purwokerto, mestinya aku sudah mempersiapkan kira-kira apa yang akan difoto.  Pikiranku sih pengen motret sawah atau gunung atau layeringnya pegunungan.  Bisa jadi motret air terjun.  Jadinya kudu bawa lensa wide, tripod dan filter.

Namun, persiapanku dimentahkan oleh "kanca wingking".  Pertanyaannya cukup singkat dan menohok.  "Yakin bisa moto sesuai dengan keinginan ?".  Akhirnya aku cuma bawa lensa tele 55-200 thok til.  Iya cuma itu.  Luar biasa ya...  Apa yang ada dipikiran bisa gagal.  Gitulah hidup sob.


Tapi beneran lhoo.. selama di Purwokerto, lebih banyak waktu dihabiskan untuk bersilaturahmi dan makan-makan.  Sama jalan-jalan mengukur kenangan tentunya.  Sama sekali engga menyentuh landscape heheheh.

Lalu motret apa jadinya ?

Kebetulan banget, pas ada acara audisi bulutangkis yang diselenggarakan sebuah perusahaan rokok yang sudah mengakar dengan sekolah bulutangkis di Kudus, Jawa Tengah.  Kebetulan juga, anak teman kuliah ada yang ikut.  Sangat kebetulan juga aku cuma bawa lensa 55-200.  Kebetulan yang mengada-ada bukan ?


Baiklah, kalau liat di lokasi, jelas bagusnya butuh sinar tambahan alias pake flash.  Tapi jelas engga mungkinlah.  Sebab bisa mengganggu atlet yang sedang berlaga.  Jadi yang bisa dilakukan adalah melakukan setting kamera supaya bisa menangkap cahaya.

Aku pake M (manual) dan kadang pake S (Shutter), A (Aperture) atau P (Programmed Auto).  Suka-suka aja sih.  Lebih jelasnya, saat pake M, S atau A, aku gedein ISO nya.  Mungkin sampe diatas 1000 atau bahkan hampir 2000.  Jadinya bakalan engga tajem dong ?  Engga apa-apalah.  Karena kondisi kudu begini.


Karena pengen nge-freeze, S diatur sampe 400 an.  Kalau masih gelap hasilnya, turunin aja.  Jadi naik turunin ISO dan S sesuai kondisi.  A nya gimana ?   Kayaknya aku pake F besar alias angka kecil deh.  Karena pengen mencoba biar cahaya yang masuk lebih besar.  Oh ya, aku milih JPG dibanding RAW biar bisa lebih cepet aja dan praktis.

Cobain aja dah di kamera masing-masing.  Biasanya ada petunjuk kalau semua sudah seimbang.


Abis itu, carilah posisi yang menurut kamu bagus.  Pindah-pindah posisi biar dapat angle yang menarik.  Cari pas atlet ngeluarin ekspresi.  Bila perlu, pake pencetan beruntun. 

Itu teorinya.  Tapi, aku pemalas dalam hal ini.  Kalau udah duduk, malas keliling-keliling.  Apalagi dari tadi beberapa fotografer resmi udah ngeliatin aja.  Takutnya barangkali dilarang hehehe..  alesan yee..


Tapi bener lhoo...  kalau kamu engga dapat tempat strategis, kamu kudu keliling-keliling.  Karena kalau duduk doang, angle nya cuma itu-itu aja.  Membosankan hasil motonya.  Pokoknya gaya aku motret saat itu, jangan ditiru deh.  Harus aktif dan mencari peluang motret yang lebih bagus.


Selain motret bulutangkis, ada juga sih atlet sepatu roda yang lagi latihan.  Lagi-lagi setting penyakit M (Males) masih nempel.  Kudunya bisa ambil posisi yang lebih baik dan ambil model panning gitu.  Tapi ya gitu deh.  Males alias Pemalas masih menyertai.  Kamu jangan malas yaa.


Jadi gitu deh, hasil moto males-males pindah tempat.  Angle cuma itu-itu doang.  Jangan ditiru sih.



No comments:

Post a Comment